Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat, 5 Tanaman Hias Ini Dapat Mengurangi Kelembapan di Rumah

Kompas.com - 21/03/2023, 07:15 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber decor tips

JAKARTA, KOMPAS.com - Kelembapan mempengaruhi estetika rumah dan kesehatan Anda. Pasalnya, kelembapan dapat membuat rumah berbau apak. 

Selain buruk bagi kesehatan, kelembapan dapat  mempengaruhi kualitas udara dalam ruangan serta menimbulkan jamur, termasuk bintik-bintik kecil berwarna hitam atau oranye pada tekstil, furnitur, dinding, dan plafon rumah.  

Baca juga: 7 Tanaman Hias yang Cocok Dirawat di Rumah Kecil

Untungnya, masalah kelembapan berlebih ini dapat diatasi dengan merawat atau meletakkan tanaman hias di dalam rumah. 

Ada beberapa tanaman hias yang dapat mengurangi dan menghilangkan kelembapan di dalam rumah. Sebagai tambahan, tanaman-tanaman ini juga dapat mempercantik serta menyegarkan rumah. 

Dilansir dari Decor Tips, Selasa (21/3/2023), berikut sejumlah tanaman hias yang dapat mengurangi kelembapan di rumah. 

Baca juga: 7 Tanaman Pengusir Semut yang Bisa Ditanam di Kebun dan Dalam Rumah

Begonia

Ilustrasi tanaman hias begonia maculata.Shutterstock/Shadow Inspiration Ilustrasi tanaman hias begonia maculata.
Begonia memiliki tampilan sangat mencolok karena mekar dengan cara luar biasa dan memenuhi ruangan mana pun dengan warna dan kegembiraan.

Selain itu, begonia yang indah menjadi tanaman hias yang dapat mengurangi kelembapan di rumah. Begonia juga memerlukan perawatan khusus dan paparan cahay alami untuk menjaga kesehatannnya.

Jadi, berikan cahaya alami yang rutin serta penyiraman teratur untuk tanaman hias begonia.   

Baca juga: 6 Tanaman Hias yang Bisa Tumbuh dalam Kondisi Minim Cahaya 

Aspidistra

Meski tidak memiliki bunga, tanaman aspidistra punya tampilan sangat mencolok dan indah. Tanaman ini membantu mengurangi kelembapan di dalam rumah dan mudah merawatnya sehingga sangat ideal untuk para amatir atau pemula berkebun.

Tanaman hias aspidistra dapat ditanam di dalam dan luar ruangan, tergantung pada preferensi atau kebutuhan Anda.

Peace lily 

Ilustrasi tanaman peace lily.SHUTTERSTOCK/PHOTOLIFE_STYLE Ilustrasi tanaman peace lily.
Peace lily (Spathiphyllum) atau lily perdamaian adalah tanaman hias yang dapat mengurangi kelembapan di rumah karena mampu membasmi jamur yang menyebabkannya.

Meski tidak membutuhkan perawatan tinggi, Anda harus melindungi peace lilydari sinar matahari langsung serta menyiramnya secara teratur menggunakan air yang bebas klorin.

Namun, tanaman hias ini beracun bagi hewan peliharaan, baik anjing maupun kucing, sehingga perlu berhato-hati meletakkannya di rumah. 

Baca juga: Cara Tepat Memberi Pupuk untuk Tanaman Cabai yang Baru Tumbuh 

Ivy

Ivy adalah tanaman merambat yang dapat dijadikan elemen dekoratif karena dapat mempercantik rumah. Tanaman ivy bisa digantung di pot atau menanamnya di dinding.

Selain itu, ivy menjadi tanaman hias yang dapat mengurangi  kelembapan di rumah serta memurnikan udara.

Untuk melakukan tugasnya dengan baik, tanaman ivy membutuhkan sinar matahari tidak langsung dan penyiraman teratur. Pastikan tanaman tidak berada dalam jangkauan hewan peliharaan. 

Baca juga: 5 Pilihan Tanaman Pakis untuk Mempercantik Ruangan, Bentuknya Unik 

Asparagus

Tanaman aspargus terlihat seperti pakis. Asparagus sangat indah dan tumbuh baik di tempat lembap, membantu menyerap dan menghilangkan kelembapan.

Tanaman asparagus memiliki warna hijau yang intens dan membutuhkan paparan cahaya yang baik untuk menjaganya tetap sehat. 

Nah, itu dia sejumlah tanaman hias yang dapat mengurangi kelembapan di rumah. Jadi, apabila rumah memiliki kelembapan tinggi, segera menghadirkan tanaman-tanaman tersebut. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com