Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Manfaat Tanaman Peace Lily, Bersihkan Udara hingga Cegah Jamur

Kompas.com - 19/03/2023, 10:19 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada banyak tanaman hias populer yang banyak menghiasi rumah, salah satunya adalah peace lily (Spathiphyllum wallisii). Peace lily populer karena penampilannya unik dan merupakan salah satu tanaman hias yang mudah dirawat.

Namun demikian, tahukah Anda, ada beberapa manfaat tanaman peace lily yang terbukti secara ilmiah? Misalnya, peace lily adalah salah satu tanaman pembersih udara dan penghilang spora jamur di ruangan.

Dilansir Balcony Garden Web, Minggu (19/3/2023), berikut beberapa manfaat tanaman peace lily.

Baca juga: 6 Tanaman Hias yang Cocok untuk Mendekorasi Meja Kerja

Ilustrasi peace lily.Shutterstock/John C Evans Ilustrasi peace lily.

1. Tanaman pembersih udara

Berbagai polutan udara yang ada di rumah dapat menyebabkan masalah kesehatan yang parah. Menurut sebuah penelitian, udara dalam ruangan sama berbahayanya dengan udara luar.

Namun, Anda dapat mengontrol gas dan senyawa udara berbahaya tersebut dengan memiliki ventilasi yang baik dan mengidentifikasi serta menghilangkan sumber di balik polusi ini.

Menanam tanaman hias di dalam ruangan juga merupakan salah satu cara untuk menguranginya. Peace lily adalah salah satu tanaman tersebut.

Tanaman ini dapat menyerap benzena, formaldehida, toluena, xilena, dan karbon monoksida secara efektif, yang bahkan dibuktikan dalam eksperimen NASA. Peace lily bisa sama efektifnya dengan sirih gading dalam menyerap senyawa udara berbahaya, terbukti dalam penelitian yang dilakukan di Jepang.

Baca juga: 7 Tanaman Hias yang Cocok Diletakkan di Kamar Tidur

2. Elemen dekorasi rumah yang indah

Peace lily adalah salah satu tanaman hias populer karena keindahannya yang mempesona. Peace lily memiliki bunga berwarna putih, dengan bentuknya yang unik.

Namun, ini sebenarnya bukanlah bunga, melainkan pelindung melengkung yang menutupi bunga kecil yang sebenarnya. Anda bisa menanamnya di pot untuk menambah keindahannya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com