Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Hal yang Tidak Boleh Dibersihkan dengan Vacuum Cleaner, Kenapa?

Kompas.com - 06/03/2023, 09:27 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Vacuum cleaner atau penyedot debu adalah salah satu peralatan elektronik yang berfungsi membersihkan rumah.

Vacuum cleaner membantu menjaga rumah tetap bersih, bebas debu dan kotoran, serta rapi. Namun, sama dengan peralatan elektronik lainnya, ada masalah keamanan dan operasional yang harus diperhatikan, salah satunya kapan tidak menggunakan vacuum cleaner.  

Baca juga: Kenapa Vacuum Cleaner Bau? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Pasalnya, ada beberapa hal yang tidak boleh dibersihkan dengan vacuum cleaner untuk melindungi diri sendiri serta mencegah kerusakan pada alat. 

Berikut beberapa hal-hal yang tidak boleh dibersihkan dengan vacuum cleaner dikutip dari Better Homes and Gardens, Senin (6/3/2023).

Kaca

Ilustrasi pecahan kaca.PIXABAY/MARCELA BOLIVAR Ilustrasi pecahan kaca.
Jika berkomitmen mengingat hanya satu benda dalam daftar benda yang tidak boleh disedot vacuum cleaner, benda itu adalah kaca.

Hal ini karena potongan kaca yang tajam, termasuk pecahannya, dapat menusuk bagian vacuum cleaner. Ini juga berlaku untuk benda tajam lainnya. Maka itu, gunakan sapu untuk membersihkan pecahan kaca. 

Baca juga: 5 Tanda Perlu Mengganti Vacuum Cleaner Baru

Tumpahan cairan

Jangan pernah menggunakan peralatan listrik ke air atau cairan lain demi keselamatan Anda, termasuk menyedot debu pada karpet yang basah.

Selain masalah keamanan, menyedot cairan dengan vacuum cleaner dapat menyebabkan mesin mengalami korsleting serta air dan cairan lainnya dapat menyebabkan jamur jika tertinggal di dalam kantong vakum.

Kotoran yang lengket

Sama dengan cairan, kotoran yang lengket menjadi hal yang tidak boleh dibersihkan dengan vacuum cleaner karena bisa membuat alat berantakan.

Benda-benda seperti permen karet, lem lengket, atau madu akan menempel di setiap bagian vakum di sepanjang jalan, menyumbat segala sesuatu, dari gulungan sikat hingga kantong. 

Baca juga: Apa Itu Vacuum Cleaner HEPA dan Kelebihannya? 

Gumpalan atau tumpukan rambut

Ilustrasi membersihkan rumah sambil mendengarkan musik, Ilustrasi vacuum cleaner, ilustrasi membersihkan karpet. Shutterstock/didesign021 Ilustrasi membersihkan rumah sambil mendengarkan musik, Ilustrasi vacuum cleaner, ilustrasi membersihkan karpet.
Vacuum cleaner adalah alat yang luar biasa untuk mengambil rambut, tetapi ada kalanya Adna harus menggunakan sapu.

Tumpukan rambut yang besar, seperti yang tertinggal setelah potong rambut di rumah atau membersihkan bulu sofa, dapat menyumbat vacuum cleaner dan helai rambut yang panjang dapat menjadi kusut di sekitar batang pengocok.

Sobekan kertas 

Tumpukan kertas sobek yang besar dapat menyumbat vacuum cleaner dan lebih buruk lagi membakar motor. Simpan vacuum clenaer dan gunakan sapu untuk membersihkan sobekan kertas.  

Baca juga: Panduan Merawat Vacuum Cleaner Robot agar Tidak Cepat Rusak 

Kabel 

Ini adalah mimpi buruk. Kita semua mungkin pernah bersalah karena tidak membereskan kabel dengan benar sebelum menyedot debu.

Sebaiknya, meluangkan waktu untuk melepaskan kabel dari lantai sebelum menyedot debu untuk melindungi Anda serta menjaga vacuum cleaner tidak rusak.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com