Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbedaan Anjing Maltese Vs Pudel, Mirip Tapi Tak Sama

Kompas.com - 23/02/2023, 07:20 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Hepper

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada banyak ras anjing yang dapat dipilih untuk dipelihara, salah satunya dapat dilihat dari ukuran. Jika Anda mencari anjing yang pintar, lucu, penyayang, namun berukuran kecil, maka Anda dapat memilih anjing Maltese maupun anjing Pudel.

Kedua ras anjing tersebut termasuk dalam ras anjing populer di seluruh dunia. Namun demikian, apa perbedaan anjing Maltese dan anjing Pudel?

Dikutip dari Hepper, Kamis (23/2/2023), dalam beberapa aspek, kedua ras anjing ini memiliki banyak kesamaan, namun tidak sedikit pula ada perbedaan. Berikut perbedaan anjing Maltese vs Pudel.

Baca juga: 7 Ras Anjing yang Jarang Menggonggong, Kenapa?

 

Maltesedole777 Maltese

1. Penampilan

Anjing Maltese dan Pudel masing-masing memiliki berat yang hampir sama dan berdiri pada ketinggian yang sama. Anjing Maltese cenderung memiliki berat di bawah 3,5 kg dan mencapai tinggi bahu antara 7 hingga 9 inci.

Anjing Pudel tersedia dalam tiga jenis, yakni standar, miniatur, dan toy.

Meskipun ketiga jenis anjing Pudel memiliki proporsi dan bentuk yang sama, untuk perbandingan yang sama dengan anjing Maltese, maka dalam artikel ini hanya dijelaskan mengenai anjing toy Pudel.

Untuk dianggap sebagai toy Pudel, tinggi bahu harus di bawah 10 inci. Toy Pudel memiliki berat antara 2 hingga 3 kg.

Baca juga: Cara Menghentikan Anjing Menggonggong Berlebihan

2. Bulu lurus vs keriting

Perbedaan paling signifikan dalam penampilan antara anjing Maltese dan anjing Pudel adalah bulu yang berbeda dari masing-masing ras. Anjing Maltese memiliki bulu panjang yang menarik perhatian yang menyapu lantai saat bergerak dengan gaya berjalan mulus, dan kepala mereka terangkat tinggi.

Anjing Maltese hanya tersedia dalam satu warna, yakni putih bersih. Seringkali, bulu panjang di kepala mereka dipotong menjadi simpul atas agar tidak menutupi wajah mereka.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com