Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyebab Bulu Anjing Bau Apak Setelah Berenang dan Cara Mengatasinya

Kompas.com - 15/02/2023, 16:30 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kemampuan berenang adalah naluri alami yang dimiliki anjing. Sebagian besar anjing akan langsung "mendayung" ketika diletakkan dalam air, tapi ada pula yang mesti mendapat pelatihan terlebih dulu. 

Ada beberapa ras anjing yang terkenal menyukai air dan berenang seperti jenis Retriever dan Spaniel, di antaranya Labrador retriever, Golden retriever, American water spaniel, Irish water spaniel, juga Portuguese water dog. 

Baca juga: 8 Ras Anjing yang Akrab dan Bisa Dipelihara Bersama Kucing

Namun, ada satu hal yang menyebalkan saat anjing berenang, yakni mengeluarkan bau tidak sedap. Bau ini mirip dengan bau cucian yang tidak sepenuhnya kering setelah dicuci atau apak. 

Bau tersebut akan berkurang setelah bulu anjing mengering, tetapi akan kembali lagi setelah anjing basah. Bau apak dapat menjadi lebih buruk pada anjing berbulu tebal. 

Baca juga: 4 Kondisi Medis yang Dapat Dideteksi Anjing Melalui Indra Penciuman

Penyebab beberapa anjing berbau apak setelah berenang 

Ilustrasi anjing berenang.UNSPLASH / Murilo Viviani Ilustrasi anjing berenang.
Bulu anjing bisa sangat berguna di dalam air, terutama pada anjing olahraga seperti Retriever. Bulunya yang tebal dan berminyak ini bersifat antiair sehingga membuat anjing mengering lebih cepat serta melindungi kulitnya dari air yang dingin dan keras.

Sayangnya, bulu anjing dapat menjebak dan menyerap berbagai bahan organik dari air. Tergantung pada sumber airnya, bulu anjing dapat menyerap bakteri, ganggang, kotoran hewan/ikan, bahan tanaman, juga kotoran lainnya.

Bahan-bahan ini dapat tertinggal di bulu anjing saat mengering dan meninggalkan bau busuk. Selain itu, adanya infeksi kulit dapat membuat bau semakin parah.  

Baca juga: Anjing Saling Mengendus Pantat Saat Bertemu, Normalkah?

Cara menghilangkan bau apak bulu anjing setelah berenang 

Untungnya, ada beberapa cara mengurangi dan menghilangkan bau apak bulu anjing setelah berenang seperti berikut ini. 

Ilustrasi anjing berenang.Shutterstock/Nukky Starlet Ilustrasi anjing berenang.
1. Gunakan selang dengan nosel, seperti pancuran, untuk membilas anjing setelah selesai berenang segera. Aliran air bersih ini dapat membantu menghilangkan beberapa bahan penyebab bau pada bulu anjing. 

2. Jika anjing peliharaan sering berenang, pertimbangkan memangkas atau mencukur pendek bulunya.

3. Cobalah semprotan penghilang bau khusus hewan peliharaan untuk menutupi baunya sampai Anda memandikan anjing peliharaan. 

Baca juga: Jangan Salah, Ini Perbedaan Anjing Alaskan Malamute dan Siberian Husky

4. Mandikan anjing peliharaan setiap kali selesai berenang. Meski tidak praktis, cara ini dapat membantu menghilangkan apa pun di dalam air yang berkontribusi terhadap bau, termasuk klorin. Jika anjingmemiliki alergi atau masalah kulit, sampo dengan obat mungkin direkomendasikan.

5. Pastikan anjing benar-benar kering setelah berenang atau mandi. Jika bulu anjing tetap lembap dalam waktu lama, mikroorganisme, seperti bakteri dan jamur, dapat berkembang biak dan bereproduksi sehingga membuat bau bulunya semakin parah serta berpotensi menyebabkan infeksi kulit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com