Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/01/2023, 15:15 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Vet Street

JAKARTA, KOMPAS.com - Kucing merupakan salah satu hewan peliharaan yang memiliki tingkah lucu dan menggemaskan. 

Salah satunya, menonton televisi (TV). Beberapa pemilik, tentu pernah melihat kucing peliharaan asyik menonton TV. 

Baca juga: Mengenal Patung Kucing Keberuntungan Feng Shui, Simbol Kekayaan

Hal ini tentu membuat bertanya-tanya apakah kucing bisa menikmati acara TV yang ditontonnya?

Julian Orlando, dokter hewan di North Carolina State University College of Veterinary Medicine, mengatakan ada beberapaan alasan kucing suka menonton TV, seperti kucing cenderung tertarik pada gerakan cepat objek di layar dan merasa sedang bosan.

Berbeda dengan manusia yang mengikuti alur ceritanya, menurut dokter hewan di VetBabble, kucing terhibur oleh warna dan gerakan dari TV.

Kucing tak hanya menggunakan penglihatan dan pendengaran untuk menonton TV, tetapi juga tertarik pada layar elektronik karena beberapa video menarik naluri berburu bawaan kucing. 

Baca juga: Penyebab Anjing dan Kucing Menginginkan Privasi Saat Buang Kotoran  

Reaksi sensorik

Ilustrasi kucing Persia.Shutterstock/choosangyeon Ilustrasi kucing Persia.
Penglihatan adalah sumber utama keterlibatan televisi. Jadi, ketika Anda bertanya-tanya apakah kucing dapat melihat televisi, pikirkan tentang cara kerja mata mereka.

Cara kucing melihat dunia dimulai saat cahaya mengenai retina. Dua sel fotoreseptor utama di retina, yakni kerucut dan batang, mentransfer cahaya menjadi sinyal listrik.

Sinyal listrik ini dikirim ke otak, yang memungkinkan kucing "melihat" gambar di depannya. Sel kerucut kucing memberi mereka ketajaman visual dan penglihatan binokular yang sangat baik serta kemampuan melihat warna yang berbeda. 

Baca juga: 5 Penyebab Kucing Rumahan Terkena Kutu dan Cara Membasminya 

Karena sel kerucutnya lebih sedikit daripada manusia, kucing tidak dapat melihat spektrum warna secara penuh, tetapi dapat melihat warna merah, hijau, juga biru.

Namun, kucing memiliki batang lebih banyak daripada manusia. Itulah sebabnya kucing memiliki penglihatan yang jauh lebih tajam daripada manusia dalam cahaya redup.

"Bahkan hingga enam kali lebih baik daripada induk peliharaannya," kata Merck dikutip Vetstreet, Rabu (18/1/2023). 

Karena struktur matanya itu, kucing lebih cenderung menonton televisi berisi kombinasi warna merah, hijau, dan biru yang dipasangkan dengan objek bergerak cepat. 

Baca juga: 5 Fakta Menarik Kucing Persia, Dicintai Sejumlah Tokoh Dunia 

Banyak acara TV anak-anak, misalnya, berisi warna-warna primer dan gerakan cepat. Tak heran, kucing senang menonton program anak-anak.

Selain itu, indera pendengaran kucing adalah salah satu aset terkuat yang dimiliki. Itulah sebabnya suara TV dapat menarik perhatian kucing.

"Seekor kucing sejauh 90 sentimeter dari asal suara dapat menentukan lokasinya hingga beberapa inci hanya dalam enam seperseratus detik," ucap Animal Planet.

Kucing juga dapat mendengar suara pada jarak jauh, yakni empat atau lima kali lebih jauh dari manusia. Karena ketajaman pendengarannya itu, telinga kucing menjadi bersemangat ketika mendengar suara di TV. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com