Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyebab Anjing dan Kucing Menginginkan Privasi Saat Buang Kotoran

Kompas.com - 13/01/2023, 18:27 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Cuteness

JAKARTA, KOMPAS.com - Sama dengan manusia, hewan peliharaan, seperti anjing dan kucing, juga tidak ingin diganggu saat sedang buang air besar atau kotoran.

Anjing dan kucing menyukai suasana yang privasi ketika membuang kotoran. Hewan peliharaan ini merasa tidak nyaman dan malu ketika pemiliknya mengamatinya menggunakan kotak pasir. 

Disadur dari Cuteness, Jumat (13/1/2023), ada beberapa penyebab anjing dan kucing menginginkan privasi saat membuang kotoran seperti berikut ini. 

Baca juga: Amankah Memelihara Anjing Siberian Husky di Rumah dengan Anak-anak?

Kerentanan

Ilustrasi kucing buang kotoran di kotak pasir, Ilustrasi kotak pasir kucing. Shutterstock/lowpower225 Ilustrasi kucing buang kotoran di kotak pasir, Ilustrasi kotak pasir kucing.

Meski tidak dapat merasakan malu seperti manusia, hewan peliharaan memiliki naluri untuk bertahan hidup. Di alam liar, untuk bertahan hidup, hewan harus tetap kuat dan waspada. Namun, saat buang air besar, kelengahan rentan terjadi.

Jika mendapati anjing atau kucing terlihat gugup dan tidak dapat melakukan "bisnis" mereka saat diawasi, bisa jadi tidak ingin diserang.

Inilah sebabnya anjing dan kucing akan menutupi kotorannya agar tidak meninggalkan aroma yang dapat menarik predator. 

Baca juga: 8 Fakta Menarik Anjing Shiba Inu, Sangat Setia dan Nyaris Punah

Melakukan kontak mata dengan anjing atau kucing saat buang air besar dapat dilihat sebagai tindakan agresi. Ketika hewan peliharaan sedang buang air besar, mereka tidak dalam posisi melawan predator.

Hal ini mengakibatkan hewan peliharaan mencoba menahannya selama mungkin sampai ancaman telah berlalu dan dapat buang air kecil dengan tenang.

Hal ini bisa terjadi jika hewan peliharaan belum terbiasa dengan Anda atau memiliki masalah kepercayaan.

Lakukan yang terbaik untuk memberikan ruang gerak bagi hewan peliharaan dan tidak menatap matanya saat membuang air besar. 

Baca juga: 8 Ras Anjing Paling Setia di Dunia, dari Shiba Inu sampai Beagle

Takut akan hukuman

Ilustrasi anjing Shiba inu.Shutterstock/OlesyaNickolaeva Ilustrasi anjing Shiba inu.
Banyak anjing dan kucing pernah mendapat hukuman pada masa lalu karena buang air kecil atau buang air besar di tempat yang tidak pantas saat masih belajar kapan dan di mana harus menggunakan kotak pasir. 

Saat hewan peliharaan membuang air kecil di lantai, orang cenderung berteriak atau marah. Ini menjadi hal menakutkan bagi hewan peliharaan.

Anjing dan kucing yang masih muda mungkin menganggap bahwa membuang air besar dan kecil adalah buruk. Untuk menghindari kemarahan atau hukuman Anda, anjing dan kucing akan bersembunyi saat buang air besar atau kecil.

Jika ini terjadi, tetaplah berada di depan mata hewan peliharaan Anda, tetapi jangan menatapnya. Apabila sahabat bulu melihat Anda dengan cara tidak agresif saat menggunakan kotak kotoran, mereka tidak akan terlalu takut dan tidak cenderung buang air besar di bawah kursi karena takut akan hukuman.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com