Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Air Ledeng Tak Baik untuk Tanaman Bunga Peace Lily?

Kompas.com - 11/01/2023, 10:19 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber Express

JAKARTA, KOMPAS.com - Bunga peace lily adalah salah satu tanaman hias populer, yang terkenal dengan daunnya yang besar, hijau mengkilap, dan bunga putih yang cantik.

Tanaman ini memiliki beberapa manfaat termasuk menyaring udara dalam ruangan serta meningkatkan tingkat kelembapan di dalam rumah. Tanaman dalam ruangan juga dapat menyerap jamur di udara asalkan dirawat dengan benar.

Sementara tanaman dalam ruangan mungkin tampak mudah dirawat, bunga lili perdamaian dapat mengalami sejumlah masalah jika tidak dirawat dengan baik. 

Baca juga: 9 Tanaman Pembawa Keberuntungan dan Kekayaan di Rumah

Ilustrasi tanaman hias peace lily. Peace lily adalah salah satu tanaman pembersih udara di dalam ruangan. SHUTTERSTOCK/FOTOHELIN Ilustrasi tanaman hias peace lily. Peace lily adalah salah satu tanaman pembersih udara di dalam ruangan.

Dilansir Express.co.uk, Rabu (11/1/2023), menurut seorang ahli, peace lily "peka" terhadap air keran. 

Natalie Devereux, spesialis produk di Serenata Flowers, mengatakan, tanaman ini dianggap lebih mudah daripada beberapa tanaman lain untuk dirawat di bulan-bulan cuaca lebih dingin ketika jam sinar matahari lebih sedikit, meskipun merupakan tanaman tropis.

Peace lily tumbuh dengan baik dalam kondisi pencahayaan sedang hingga rendah. Tanaman ini akan berbunga jika suhu minimum sekitar 15 derajat celcius dipertahankan di rumah dan tanahnya tetap lembap dalam pot dengan drainase yang baik.

Bunga peace lily rentan terhadap busuk akar dan penyiraman berlebihan, jadi pemilik tanaman hias harus mengingat hal ini saat menghidrasi tanaman ini.

Baca juga: Dosis dan Cara Mengaplikasikan Pupuk ZA untuk Tanaman Cabai

Hindari air ledeng 

Menurut ahli tanaman hias, pemilik tidak boleh menggunakan air ledeng saat menyirami bunga ini, dan ini sebuah "kesalahan umum" yang dilakukan oleh banyak orang. 

Devereux menjelaskan, bunga peace lily tidak suka disiram berlebihan, jadi jangan menyiram sesuai jadwal karena kemungkinan mereka akan membutuhkan lebih sedikit di musim hujan daripada di musim panas saat kondisi luar lebih hangat. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com