Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat, Ini Manfaat Menyiram Tanaman Pakai Air Rebusan Pasta

Kompas.com - 13/11/2022, 13:20 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Metro

JAKARTA, KOMPAS.com - Air rebusan pasta biasanya langsung dibuang. Akan tetapi, Anda sebenarnya bisa menggunakan air rebusan pasta untuk menyiram tanaman.

Dikutip dari Metro.co.uk, Minggu (13/11/2022), ide menggunakan air rebusan pasta untuk menyiram tanaman cukup sederhana. Daripada menggunakan air keran, Anda menghemat air yang tersisa saat memasak pasta dan menggunakannya untuk menyiram tanaman.

Karena air telah mengeluarkan banyak pati dari pasta, maka dapat membantu menyuburkan tanaman dan merangsang pertumbuhan.

Baca juga: 5 Tips Menghemat Air Saat Menyiram Tanaman di Kebun

Ilustrasi merebus pasta, merebus spageti. Air rebusan pasta dapat digunakan sebagai sumber nutrisi tanaman. PIXABAY/SGRUNDEN Ilustrasi merebus pasta, merebus spageti. Air rebusan pasta dapat digunakan sebagai sumber nutrisi tanaman.

Gena Lorraine, seorang ahli berkebun di Fantastic Services menyatakan, menyiram tanaman dengan air rebusan pasta memiliki banyak manfaat dan tidak ada kontra. Air rebusan pasta penuh dengan pati dan tanaman menyukai pati.

Pasalnya, pati sering kali kaya akan vitamin dan mineral. Dengan demikian, air rebusan pasta tidak hanya berfungsi sebagai pupuk untuk tanaman, tetapi juga merangsang pertumbuhannya.

Menurut Lorraine, air bertepung baik untuk menumbuhkan semua jenis tanaman, apakah itu sayuran, bunga, buah-buahan, atau bahkan gulma.

Lorraine mengatakan bahwa menyiram tanaman dengan air rebusan pasta tidak dapat membahayakan tanaman dengan cara apa pun. Menurut dia, tidak ada tanaman yang tidak akan mendapat manfaat dari disiram dengan air rebusan pasta.

Baca juga: Bolehkah Menyiram Tanaman Pakai Air Bekas Cucian?

Hal yang harus diperhatikan saat menyiram tanaman dengan air rebusan pasta

Para ahli di HeyPlants menjelaskan beberapa peringatan terkait menyiram tanaman dengan air rebusan pasta.

Pasta tawar dapat memberikan nutrisi tambahan untuk tanaman Anda dan merupakan cara berkelanjutan yang bagus untuk menghemat air.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com