Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Kompor Gas Tidak Menyala? Ini Penyebab dan Solusinya

Kompas.com - 05/01/2023, 11:53 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber CNET

JAKARTA, KOMPAS.com - Kompor gas masih menjadi pilihan teratas untuk memasak di rumah. Meskipun kompor listrik dan kompor induksi semakin populer, banyak orang tetap memilih untuk menggunakan kompor gas.

Ada beberapa keuntungan kompor gas, termasuk menghasilkan panas dengan cepat, penghematan biaya jangka panjang, dan kemampuan untuk terus memasak bahkan saat listrik padam.

Namun, kadang-kadang kompor gas tidak menyala tidak peduli seberapa sering Anda memutar kenopnya.

Baca juga: Jangan Letakkan Minyak Goreng di Dekat Kompor, Kenapa?

 

Ilustrasi kompor gas yang memancarkan panas api.Dok. Shutterstock/ stavklem Ilustrasi kompor gas yang memancarkan panas api.

Dikutip dari Cnet, Kamis (5/1/2023), masalah ini biasanya adalah sesuatu yang dapat Anda selesaikan sendiri. Berikut beberapa penyebab kenapa kompor gas tidak menyala serta solusinya.

1. Sisa makanan yang menyumbat

Apakah itu penumpukan lemak atau remah makanan, salah satu penyebab paling umum dari kompor gas tidak mau menyala adalah sisa-sisa makanan yang menghalangi aliran gas ke tungku.

Mulailah dengan melepas jeruji yang menutupi kompor yang bermasalah. Selanjutnya, lepas tutup tungku, yang akan terangkat dengan mudah.

Alas tungku akan terangkat atau Anda mungkin perlu melepas beberapa sekrup sebelum melepasnya. Bersihkan area sekitarnya dengan kain lap yang telah dibasahi air sabun yang hangat.

Baca juga: 4 Penempatan Kompor yang Salah Menurut Feng Shui

Rendam alas tungku dalam cuka atau air hangat dan gunakan sikat kaku untuk menghilangkan kotoran. Terakhir, bersihkan kotoran yang tersisa dari lubang tungku dengan tusuk gigi, jarum jahit, atau benda lainnya.

Pasang kembali tungku, penutup, dan coba nyalakan kompor sekali lagi. Jika ini tidak berhasil, mungkin ada kekusutan di jalur suplai gas atau masalah yang lebih besar, dan Anda mungkin perlu berkonsultasi dengan profesional.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com