Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Memindahkan Tanaman Herbal ke Dalam Ruangan Saat Cuaca Dingin

Kompas.com - 01/01/2023, 10:00 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Cuaca atau musim dingin dikenal sebagai musim yang sulit dan menjadi tantangan merawat tanaman

Pasalnya, banyak tanaman yang sulit bertahan selama cuaca dingin, bahkan gagal berkembang atau mati, termasuk tanaman herbal

Baca juga: 7 Tanaman Herbal yang Bisa Mengusir Serangga dan Hama

Bahkan tanaman herbal dalam ruangan juga akan sulit bertahan menghadapi cuaca dingin serta mudah mengalami mati secara tidak sengaja.

Hal ini karena saat cuaca dingin, tingkat cahaya lebih rendah, udara kering, dan fluktuasi suhu dengan panas dalam ruangan dapat menciptakan kondisi pertumbuhan yang menantang.

Sebagai solusi, memindahkan tanaman herbal ke dalam ruangan. Ada beberapa tanaman herbal membutuhkan perlindungan dari suhu beku untuk bertahan hidup seperti serai, jahe, dan lemon.

Sementara itu, jenis yang lebih keras, seperti lavender, sage tricolor, dan thyme, dapat menahan musim dingin di luar ruangan di sebagian besar wilayah.

Namun, saat membawa tanaman herbal ke dalam ruangan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Berikut cara memindahkan tanaman herbal ke dalam ruangan saat cuaca dingin dilansir dari Better Homes and Gardens, Minggu (1/1/2023). 

Baca juga: 10 Tanaman Herbal yang Bisa Redakan Batuk dan Flu 

Periksa kondisi tanaman herbal 

Ilustrasi tanaman herbal. Shutterstock/New Africa Ilustrasi tanaman herbal.
Sebelum membawa tanaman herbal apa pun ke dalam ruangan, periksa secara menyeluruh apakah ada serangga yang menumpang.

Singkirkan serangga dari dedaunan dengan semburan air dari selang taman. Kemudian,  sebelum tanah membeku, gali dengan hati-hati yang ingin Anda bawa ke dalam ruangan.

Saat ini, tanaman herbal abadi yang tumbuh dalam rumpun, seperti oregano, marjoram, dan mint, dapat dibagi menjadi beberapa bagian yang berakar kuat.

Rerumputan yang berkayu dan lebih mirip semak, seperti sage dan rosemary, bisa terasa canggung untuk digali.

Apabila berencana memindahkannya ke dalam dan keluar lagi, cara terbaik adalah menanam tanaman herbal jenis ini dalam wadah sepanjang tahun.

Tanaman herbal semusim, seperti dill dan ketumbar, biasanya berbiji dan mati secara alami pada pertengahan hingga akhir musim gugur. 

Baca juga: 7 Tanaman Herbal Ini Diyakini Bisa Tingkatkan Vitalitas Pria

Gunakan pot cukup besar 

Selanjutnya, cara memindahkan tanaman herbal ke dalam ruangan adalah menggunakan pot cukup besar. Pilih wadah cukup besar untuk menampung bola akar setiap tanaman herbal bersama dengan sedikit ruang untuk pertumbuhan.

Tempatkan lapisan campuran pot di bagian bawah pot, lalu atur tanaman dan isi ruang di sekitar akar dengan lebih banyak campuran pot.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com