Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/12/2022, 15:27 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber The Kitchn

JAKARTA, KOMPAS.com - Kita biasanya membekukan makanan untuk disimpan dan diawetkan untuk dikonsumsi di lain hari. Selain itu, membekukan makanan adalah cara yang bagus untuk mengurangi limbah makanan.

Sementara beberapa makanan tidak banyak berubah ketika disimpan di freezer, ada beberapa yang tidak begitu baik. Akan tetapi, tahu adalah salah satu pengecualian.

Dikutip dari The Kitchn, Jumat (30/12/2022), Anda bisa menyimpan tahu di freezer. Tahu dapat bertahan hingga tiga bulan ketika dibekukan di freezer, sementara bila disimpan di rak kulkas, tahu bertahan selama seminggu.

Baca juga: Cara Menyimpan Roti di Freezer, Bisa Bertahan hingga Enam Bulan

Ilustrasi tahu, tahu sutra. WIKIMEDIA COMMONS/DRYPOT Ilustrasi tahu, tahu sutra.

Namun demikian, ada satu manfaat menyimpan tahu di freezer yang perlu diketahui. Penulis buku resep kuliner Bryant Terry merekomendasikan Anda untuk membekukan tahu.

Menurut dia, membekukan tahu memberikan tekstur yang lebih kenyal selain meningkatkan kemampuannya untuk menyerap bumbu-bumbu.

Jika Anda menyukai tekstur tahu yang halus, tentu saja tidak disarankan membekukannya.

Namun, jika Anda ingin tahu sedikit mengeras dan rasa bumbunya menyerap, membekukannya lalu mencairkannya sebelum Anda menggunakannya benar-benar mengubah karakter tahu.

Baca juga: Cara Menyimpan Roti agar Lebih Tahan Lama, Bisa di Freezer

Tahu beku sangat cocok untuk kebab atau jika Anda ingin menggoreng atau memanggangnya untuk salad, tumis, atau hidangan lainnya.

Cara membekukan tahu

Membekukan tahu itu mudah dan Anda dapat membekukan jenis tahu apa pun. Tidak masalah apakah itu tahu sutra, keras, atau ekstra keras.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com