Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Memperoleh Bibit Buah Naga Berkualitas Sebelum Menanam

Kompas.com - 27/12/2022, 11:55 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Buah naga adalah salah satu buah populer yang banyak dikonsumsi masyarakat karena memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Buah naga mempunyai berbagai jenis dan warna yang menarik, serta memiliki kandungan air yang tinggi sehingga terasa segar saat mengonsumsinya.

Dikutip dari laman Cybex Kementerian Pertanian RI, Selasa (27/12/2022), kondisi iklim di Indonesia yang sangat mendukung membuat banyak orang mulai melakukan budidaya atau menanam buah naga.

Dalam budidaya buah naga, seringkali mengalami kegagalan, mulai dari rontok bunga, rontok buah, busuk batang, gagal penyerbukan hingga tanaman buah naga mati.

Baca juga: 5 Cara Menanam Buah Naga di Dalam Pot

Ilustrasi buah naga, pohon buah naga, tanaman buah naga.SHUTTERSTOCK/BIGC STUDIO Ilustrasi buah naga, pohon buah naga, tanaman buah naga.

Umumnya, buah naga dibudidaya dengan cara stek atau penyemaian biji. Tanaman akan tumbuh subur jika media tanam porous (tidak becek), kaya akan unsur hara, berpasir, cukup sinar matahari dan bersuhu antara 38 sampai 40 derajat celcius.

Jika perawatan cukup baik, tanaman akan mulai berbuah pada umur 11 sampai 17 bulan. Buah naga sangat adaptif dibudidayakan di berbagai daerah dengan ketinggian antara nol sampai 1.200 mdpl.

Hal terpenting adalah mendapatkan sinar matahari yang cukup merupakan syarat pertumbuhan buah naga.

Dalam budidaya buah naga, syarat-syarat tumbuh tanaman buah naga harus dipenuhi. Menanam buah naga sebaiknya ditanam di dataran rendah yang mempunyai ketinggian antara 20 sampai dengan 500 mdpl.

Baca juga: Cara Menanam Buah Naga di Pot agar Cepat Berbuah

Tekstur tanah yang sesuai dalam budidaya buah naga adalah gembur, porous, memiliki kandungan bahan organik yang tinggi, mengandung unsur hara yang lengkap serta memiliki pH tanah 5 sampai 7.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com