Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Mitos Seputar Microwave yang Tidak Perlu Dipercaya

Kompas.com - 19/12/2022, 07:14 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Microwave sangat berguna untuk memanaskan makanan dengan cepat dan praktis. Akan tetapi, sejak microwave pertama kali hadir dan dijual, ada saja rumor tentang bahaya microwave dan makanan yang dipanaskan dengan alat tersebut.

Namun demikian, ini bukan berarti Anda tidak boleh menggunakan microwave. Sebagian besar hal yang Anda dengar dan baca tentang bahaya microwave di media sosial tidak benar.

Dikutip dari Cookist, Senin (19/12/2022), berikut beberapa mitos seputar microwave yang tidak perlu dipercaya.

Baca juga: Jangan Masak 6 Makanan Ini di Microwave Oven

Ilustrasi microwave - Memanaskan makanan dalam wadah plastik menggunakan microwave.SHUTTERSTOCK / goffkein.pro Ilustrasi microwave - Memanaskan makanan dalam wadah plastik menggunakan microwave.

1. Microwave menyebabkan kanker

Mitos ini berasal dari e-mail yang telah beredar selama bertahun-tahun. Microwave bekerja dengan menggunakan radiasi frekuensi radio (RF), yang sebenarnya ada di sekitar kita sepanjang waktu, baik Anda berada di dekat microwave atau tidak.

Microwave menghasilkan lebih banyak bentuk radiasi RF yang lebih terkonsentrasi daripada benda-benda di sekitar kita, tetapi itu terkandung di dalam oven itu sendiri. Microwave juga tidak menghasilkan sinar-X atau sinar gamma.

The American Cancer Society mengatakan bahwa hal terburuk yang dapat terjadi dari radiasi microwave yang bocor adalah luka bakar pada kulit, tetapi itu hanya dapat terjadi jika microwave rusak atau dimodifikasi.

2. Makanan yang dipanaskan dengan microwave berbahaya

Mitos ini telah berlangsung sejak microwave pertama kali dijual di pasaran. Ada berbagai cara yang membuat sebagian orang berpikir bahwa makanan yang dimasak dengan microwave berbahaya.

Baca juga: Wadah Apa yang Bisa dan Tidak Bisa Dimasukkan ke Microwave?

Beberapa orang menganggap microwave membuat makanan menjadi radioaktif, sementara yang lain percaya bahwa bahan kimia dari alat masak yang dipanaskan akan diserap oleh makanan.

Microwave bukan radioaktif, melainkan elektromagnetik. Ini berarti tidak mungkin mereka dapat menyinari makanan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com