Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setor Sampah, Cara Bijak Kelola Sampah dari Rumah

Kompas.com - 18/12/2022, 19:08 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Tumpukan sampah rumah tangga hingga plastik menjadi permasalahan yang besar dan memengaruhi lingkungan.

Untuk itu, pembuangan sampah yang sesuai dengan jenis-jenisnya (memilah sampah) menjadi salah satu langkah untuk mengurangi akibat buruk dari penumpukan sampah sehari-hari di lingkungan. 

Untuk langkah besar selanjutnya, sampah rumah tangga tersebut sebenarnya bisa diserahkan ke bank sampah atau pengelolaaan sampah agar bisa didaur ulang dan tidak menjadi masalah yang besar terhadap lingkungan.

Baca juga: Trik Memasukkan Plastik Sampah ke Tempat Sampah dengan Mudah

Ilustrasi sampah plastik.PIXABAY/stux Ilustrasi sampah plastik.

Salah satu jasa pengelolaan sampah yang dapat membantu permasalahan tersebut adalah Waste4change.

Ditemui di ajang Homedec 2022 yang diselenggarakan di ICE BSD, Tangerang, Banten, Minggu (18/12/2022) Rosita, salah satu staf Waste4Change menjelaskan, piihaknya dapat menerima sampah dari rumah tangga. 

"Sebenarnya kami lebih ke B to B, namun jika masyarakat atau perorangan ingin ikut mengirimkan sampahnya, bisa saja. Hanya, kami tidak melayani jemput sampah, melainkan masyarakat harus mengantarnya sendiri ke rumah pemulihan kami dengan menggunakan jasa kirim," jelas Rosita. 

Namun, sebelum dikirim, pengirim harus memilah sampahnya terlebih dahulu, termasuk memilah botol serta tutupnya secara terpisah. Sebab, Rosita menjelaskan jika kedua benda tersebut akan diolah kembali dengan bentuk berbeda. 

Baca juga: Simak, Cara Membersihkan Tempat Sampah agar Tidak Bau

Sampah plastik hingga minyak jelantah

Untuk jenis sampahnya, waste4change menerima ragam jenis sampah, mulai dari plastik atau botol kemasan plastik, kantong plastik, botol kaca, karbon UBC (produk kemasan pangan), kertas (buku, kardus, koran, dokumen), minyak jelantah, metal, logam (kaleng makanan atau minuman), dan styrofoam (kemasan makanan dan produk elektronik). 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com