Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/11/2022, 12:25 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Kecoak menjadi salah satu hama yang sering muncul di rumah. Keberadaannya tak hanya mengganggu dan membuat jijik, tapi juga mengotori rumah serta membawa berbagai bakteri, termasuk Salmonella, Staphylococcus, juga Streptococcus.

Biasanya, hal pertama yang dilakukan banyak orang ketika melihat kecoak muncul di rumah adalah memukulnya dengan sapu lidi.

Baca juga: Hati-hati, Kecoak Mati Bisa Mengundang Kecoak Lain ke Dalam Rumah

Namun, terkadang hal ini tidak selalu berhasil. Serangga ini pun mencoba kabur mencari tempat persembunyian.

Ketika berlari menuju tempat persembunyian, terkadang tubuh kecoak terlihat terbalik. Hal serupa juga terjadi ketika kecoak disemprot dengan semprotan pembasmi serangga.

Setelah ditunggu beberapa saat, kecoak masih akan bergerak dan berusaha membalikkan kembali tubuhnya. Namun, kenyataannya lambat laun kecoak akan mati.

Lantas, mengapa kecoak yang tubuhnya terbalik bisa mati? Apakah karena semprotan pembasmi serangga atau ada faktor lain yang mendukung hal ini terjadi?

Baca juga: Bahaya Menyentuh Kecoak Mati dengan Tangan Kosong

Ilustrasi kecoak, membasmi kecoa di rumah. PIXABAY/SHAUN_F Ilustrasi kecoak, membasmi kecoa di rumah.

Dilansir dari The New York Times, Rabu (30/11/2022), kecoak yang mati dalam posisi terbalik atau telentang merupakan hal alami. Ini bergantung pada apa yang membunuhnya dan jenis permukaan tempatnya bergerak.

Di alam liar, kecoak lebih sering mati karena dimangsa mangsa burung atau hewan hecil serta usia. Jika tidak dimangsa, kecoak akan berakhir sebagai detritus organik di hutan.

Untuk situasi domestik, kecoak mungkin mendapati dirinya berada di atas lantai halus. Dengan pusat gravitasi yang tinggi serta punggung yang halus dan bulat, kecoak yang terbalik karena alasan apa pun akan kesulitan memperbaiki dirinya tanpa ranting, daun, atau benda tidak rata lainnya untuk didorong kakinya.

Baca juga: Bolehkah Membuang Kecoak ke Kloset? Simak Penjelasannya

Apabila kecoak disemprot insektisida, jenis racun tertentu—terutama racun saraf organofosfat—dapat menyebabkan kejang otot yang dapat membalikkan kecoak ke punggungnya.

Racun saraf ini dapat menghalangi enzim kolinesterase yang memecah neurotransmiter asetilkolin. Kelebihan bahan kimia dalam sistem saraf dapat menyebabkan kejang, mengganggu koordinasi otot, dan membuat kecoak terus dalam posisi tersebut hingga mati.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com