Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Manfaat Menghadirkan Furnitur Khusus Anak di Rumah

Kompas.com - 28/11/2022, 22:35 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Bagi orang-orang yang sudah memiliki anak, penting menciptakan hunian ramah anak.

Sebab, ini dapat membuat anak merasa dihargai orang tua lantaran diberikan sesuatu yang khusus untuk mereka seperti ruang bermain anak.

Baca juga: Ahli Ungkap Pentingnya Memiliki Rumah Ramah Anak

Namun, tidak semua orang memiliki bujet cukup untuk menghadirkan area bermain anak. Nah, di sinilah muncul alternatif perabot khusus anak-anak.

Selain memiliki tampilan menarik, ukuran dan materialnya pun aman untuk digunakan anak-anak tanpa perlu dibantu orang tua.

Bahkan, dilansir dari Houze Singapore, Senin (28/11/2022), ada sejumlah manfaat memiliki furnitur khusus anak-anak di rumah. Apa saja?

Melatih anak melakukan sesuatu sendiri

Ilustrasi ruang bermain anak di rumah.SHUTTERSTOCK/JULIYA SHANGAREY Ilustrasi ruang bermain anak di rumah.

Ketika anak-anak harus menunggu orang tua menyelesaikan sesuatu, mereka kehilangan kesempatan menjadi proaktif dan mandiri.

Jika memiliki furnitur khusus anak-anak, mereka dapat memutuskan kapan ingin duduk, mengerjakan sesuatu, serta memulainya sendiri tanpa menunggu bantuan siapa pun.

Selain itu, furnitur anak biasanya berukuran kecil dan cukup ringan dibawa anak-anak jika perlu digeser atau dipindahkan sesuai kebutuhan.

Baca juga: Ragam Hal yang Perlu Dipersiapkan Saat Mendesain Dapur Ramah Anak

Mengajarkan kerapian

Menghadirkan furnitur anak-anak bisa membantu mengajarkan si kecil tentang kerapian. Tunjukkan bagaimana cara mengatur meja sendiri pada waktu makan dan cara membersihkannya setelah selesai makan. 

Setelah itu, biarkan anak bermain. Mereka akan menyukainya saat mengetahui bahwa hadiah dari mengatur dan membersihkan mejanya sendiri adalah permukaan bersih yang bisa digunakan untuk melakukan sesuatu keatif.

Baca juga: Keuntungan Menerapkan Dapur Ramah Anak di Rumah

Mendorong ketenangan di rumah

Ilustrasi furnitur ramah anak.SHUTTERSTOCK / Ground Picture Ilustrasi furnitur ramah anak.

Salah satu cara membuat anak mengurangi atau berhenti berlarian di dalam rumah adalah menyediakan area duduk nyaman dengan sejumlah permainan yang mengasah otaknya. 

Dari situ, anak akan belajar bahwa waktu yang tenang bisa menyenangkan dan produktif. Mereka pun akan tahu bahwa memiliki akses ke tempat yang nyaman untuk berdiam diri dan produktif di areanya sendiri.

Baca juga: Catat, 5 Panduan Memilih Furnitur Ramah Anak

Mempererat tali persaudaraan

Terkadang, anak bungsu menangis karena merasa ditinggalkan kakak dan teman-temannya bermain. Dengan perabot anak-anak, misalnya meja dan kursi, anak-anak yang lebih muda dan lebih tua bisa duduk serta beraktivitas bersama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com