Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menghilangkan Beragam Jenis Noda pada Pakaian dengan Baking Soda

Kompas.com - 28/11/2022, 20:15 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com – Pakaian rentan terkena berbagai macam noda. Tak heran, orang-orang akan sangat berhati-hati ketika melakukan sesuatu, terutama jika mengenakan pakaian putih. 

Baca juga: Kenapa Baking Soda Mampu Mengatasi Bau Tidak Sedap di Rumah?

Namun, terkadang ada saja hal-hal yang tidak diinginkan terjadi seperti terkena cipratan kopi saat mengaduk, tetesan minyak dari makanan, atau saus dari makanan. 

Dilansir dari The Spruce, Senin (28/11/2022), salah satu cara mengatasi pakaian bernoda adalah menggunakan baking soda. Bahan alami ini ampuh menghilangkan beberapa noda pada pakaian seperti berikut. 

Noda berbau

Ilustrasi baking soda atau soda kue. FREEPIK/FREEPIK Ilustrasi baking soda atau soda kue.

Untuk noda yang berbau, basahi area pakaian terkena noda, lalu taburi beberapa baking soda. Diamkan semalaman agar baking soda dapat mengangkat noda dan bau. 

Setelah itu, bersihkan baking soda dan cuci pakaian seperti biasa. Sebelum menjemur pakaian, periksa kembali apakah noda dan bau sudah hilang. Jika belum, ulangi langkah sebelumnya.

Baca juga: 4 Cara Membuat Pembersih Rumah Berbahan Baking Soda

Noda darah

Untuk noda darah, campurkan satu sendok makan air dengan dua sendok makan baking soda untuk membuat pasta. 

Setelah itu, oleskan pasta ke area yang terkena noda dengan tangan atau sikat gigi bekas. Diamkan selama satu jam sebelum mencuci pakaian seperti biasa.

Noda keringat

Jika ingin menghilangkan noda keringat, oleskan pasta baking soda pada area yang terkena noda, lalu diamkan hingga pasta mengering. 

Selanjutnya, bersihkan pasta dan cuci pakaian seperti biasa. Periksa kembali apakah noda sudah hilang atau tidak. Jika masih ada, ulangi langkah sebelumnya, kemudian cuci dan jemur seperti biasa.

Baca juga: Basmi Jamur pada Tanaman Pakai Semprotan Baking Soda

Noda muntah

Oleskan pasta baking soda pada area yang memiliki noda muntah dan diamkan hingga mengering. Selanjutnya, bersihkan pasta dan cuci seperti biasa.

Sama dengan beberapa noda lainnya, periksa dulu apakah area masih bernoda dan berbau atau tidak perlu mencucinya kembali. Jika masih berbau, ulangi langkah sebelumnya alih-alih langsung menjemur pakaian. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Spruce
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com