Kompas.com - 28/09/2022, 07:48 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Dapur menjadi salah satu ruangan yang sering digunakan di rumah. Namun, tak semua orang dapat mengakses dapur secara bebas, salah satunya anak-anak.

Dapur dianggap sebagai tempat berisiko atau bahaya bagi anak selain kamar mandi. Hal ini karean di dapur terdapat sejumlah peralatan berbahaya, benda tajam, peralatan listrik seperti kompor, pisau, oven, dan kulkas.  

Baca juga: Keuntungan Menerapkan Dapur Ramah Anak di Rumah

Hal ini tak hanya berisiko buruk bagi si kecil, tapi juga mendatangkan bahaya untuk rumah seperti kebakaran. Ditambah, di dapur juga terdapat air atau area basah. Ini bisa menyebabkan anak terpeleset, bahkan terjatuh.

Karena itu, penting mempertimbangkan konsep dapur ramah anak bila rumah mempunyai anak kecil. 

Kevin Kusuma, Creative Director dari Studio Kuskus, mengatakan ada sejumlah keuntungan menerapkan dapur ramah anak di rumah. 

Baca juga: 5 Benda yang Bisa Membuat Dapur Sempit Tampak Lebih Luas

Ilustrasi dapur minimalis.Shutterstock/ImageFlow Ilustrasi dapur minimalis.
Keuntungan tidak hanya melindungi si kecil, tapi juga memberi manfaat bagi orang tua seperti memudahkan pengawasan terhadap anak saat memasak sambil menjaga si kecil serta memberi ketenangan saat anak berada di dapur.

Namun, kata Kevin, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan saat mendesain dapur ramah anak, di antaranya budjet lebih karena ada banyak peralatan yang dibutuhkan, memesan furnitur khusus yang aman untuk anak seperti sudut yang tidak tajam, serta warna cat yang membuat anak nyaman juga senang saat berada di dapur. 

"Kalau warna cat, sebaiknya memilih yang terang sampai medium karena warna gelap sulit dibersihkan kalau kena kotoran atau noda masakan," ucap Kevin kepada Kompas.com, baru-baru ini. 

Baca juga: Catat, Ini 5 Cara Mencegah Kebakaran di Dapur

Selain itu, hal yang perlu dipersiapakan dalam menerapkan dapur ramah anak adalah penggunaan aksesori. 

Kevin menuturkan untuk memilih handle atau pegangan kabinet yang tidak tajam. Misalnya, apabila menyukai desain dapur minimalis, Skandinavia, atau Japandi, buat detail handle kabinet yang tumpul serta aman untuk anak. 

Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.