Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Pertimbangan Sebelum Menghadirkan Tanaman di Rumah

Kompas.com - 21/11/2022, 11:55 WIB
Nabilla Ramadhian,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Beberapa orang memutuskan untuk menghadirkan tanaman di rumah untuk membuat hunian terasa lebih alami dan segar, atau mempercantik halaman.

Ada berbagai macam jenis tanaman untuk dipilih, mulai dari tanaman dedaunan hingga tanaman berbunga warna-warni.

Baca juga: 7 Aturan Menyiram Tanaman, Perhatikan Cuaca dan Jangan Panik

Namun, perlu diingat bahwa tanaman adalah makhluk hidup, sehingga lingkungan hunian harus memadai guna memastikan tanaman bisa tumbuh subur.

Oleh karena itu, ada sejumlah pertimbangan yang perlu dipikirkan sebelum membawa tanaman ke rumah, seperti disitat Real Simple, Senin (21/11/2022). Apa saja?

1. Anak-anak dan hewan peliharaan

Ilustrasi tanaman hias Monstera Deliciosa Thai Constellation di dalam ruangan. SHUTTERSTOCK/FIRN Ilustrasi tanaman hias Monstera Deliciosa Thai Constellation di dalam ruangan.

Salah satu faktor yang mudah dilupakan saat belanja tanaman adalah bagaimana mereka akan cocok dengan anak-anak dan hewan peliharaan.

Artinya, tanaman harus bebas dari racun yang dapat membahayakan anak-anak dan hewan peliharaan.

Sebab, tanaman yang kurang cocok dengan keduanya dapat membuat mereka sakit bahkan jika daun hanya diemut saja. Selanjutnya, pertimbangkan penempatan tanaman.

Kamu mungkin ingin menghindari tanaman besar yang berdiri di lantai karena mereka dapat menarik perhatian balita untuk menggali tanah pot. Sebaiknya, pertimbangkan tanaman rambat yang bisa diletakkan di atas lemari dapur.

2. Waktu

Pertimbangan lainnya adalah waktu pembelian tanaman. Sebaiknya, beli tanaman dalam ruangan saat musim semi dan musim panas ketika sebagian besar tanaman tumbuh lebih mudah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com