Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/11/2022, 09:50 WIB
Nabilla Ramadhian,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber Pet Keen

JAKARTA, KOMPAS.com – Saat sedang memberi makan kucing peliharaan, mungkin kamu memerhatikan bahwa mereka beberapa kali mengeluarkan makanannya ke luar mangkuk.

Walhasil, ada area di sekitar mangkuk pun dipenuhi oleh beberapa makanan kucing yang berhamburan. Ditambah lagi, ada noda bekas air liur kucing yang membuat lantai menjadi licin dan tidak higienis.

Baca juga: Seberapa Sering Kucing Pipis dalam Sehari?

Beberapa pencinta kucing mungkin tidak asing dengan anggapan bahwa perilaku ini disebabkan oleh bentuk mangkuk yang tidak sesuai dengan keinginan kucing.

Namun, benarkah demikian? Berikut Kompas.com rangkum beragam alasan kucing mengeluarkan makanan dari mangkuknya, seperti disadur Pet Keen, Senin (14/11/2022).

1. Naluri untuk melindungi mangsa

Ilustrasi kucing makanShutterstock/Africa Studio Ilustrasi kucing makan

Kucing domestik memiliki nenek moyang kucing liar besar. Jadi, mereka masih mempertahankan banyak naluri liar hingga kini.

Mungkin, dengan mengeluarkan makanan dari mangkuknya, kucing peliharaan hanya mengikuti naluri tersebut, khususnya naluri untuk melindungi mangsa.

Baca juga: Hati-hati, Mengganti Makanan Kucing Bisa Sebabkan Diare

Jika pernah menonton film dokumenter tentang kucing liar, mungkin kamu pernah melihat macan tutul atau ocelot membunuh mangsa, lalu segera menyembunyikannya. Melakukan hal ini memastikan tidak ada kucing lain yang datang dan merebut makanannya.

Naluri ini dapat muncul, terutama di hunian dengan banyak kucing walau mereka saling rukun. Namun, ini juga dapat terjadi di rumah yang hanya memelihara satu kucing saja.

2. Perilaku yang dipelajari

Mengeluarkan makanan dari mangkuknya mungkin perilaku yang dipelajari oleh kucing saat mereka masih kecil.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com