Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Palet Warna Terbaik untuk Dekorasi Rumah Zen

Kompas.com - 12/11/2022, 13:30 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ini, banyak orang mendekorasi rumah mereka tak hanya sekadar menampilkan kecantikan, tapi juga memasukkan ketenangan dan kedamaian di dalamnya.

Beberapa cara yang bisa dilakukan adalah menggunakan desain zen di rumah. Zen adalah sebuah konsep atau desain ala Jepang yang menghadirkan kenyaman dan ketenangan dalam ruangan. 

Baca juga: Tips Menciptakan Kamar Tidur Bernuansa Zen yang Sederhana dan Tenang

Hal pertama dan terpenting memulai desain zen adalah memilih palet warna yang mencerminkan getaran yang ingin dicapai.

Pastikan menggunakan warna yang tepat di ruangan untuk estetika zen karena palet warna yang salah dapat mengubah nada ruangan secara drastis.

Alih-alih pengaturan yang tenang, Anda mungkin secara tidak sengaja menciptakan suasana yang lebih kacau, menghilangkan kedamaian batin yang Anda cari.

Jadi, warna apa yan membantu menemukan ketenangan?

Dilansir dari House Digest, Sabtu (12/11/2022), berikut palet warna terbaik untuk estetika dekorasi rumah zen.  

Baca juga: 6 Jenis Tanaman yang Cocok untuk Zen Garden Ala Jepang 

Nuansa merah muda

Ilustrasi kamar tidur bernuansa pink.SHUTTERSTOCK / onzon Ilustrasi kamar tidur bernuansa pink.
Menurut Verywell Mind, merah muda atau pink mewakili penyembuhan, ketenangan, kedamaian, dan kehangatan, segala sesuatu yang seharusnya menjadi estetika dekorasi rumah zen.

Namun, kunci menggunakan pink di ruangan adalah memilih warna yang lebih terang pikirkan blush on atau powder pink. Jika memilih warna berani atau elektrik, Anda akan benar-benar mengubah estetika.

Anda tidak hanya bisa menggunakan warna merah muda untuk dinding, tetapi juga benda-benda di ruangan seperti kursi ruang tamu, selimut kamar tidur, atau lampu meja.

Palet warna ini cocok untuk dekorasi ruangan apa pun. Namun, berhati-hatilah untuk tidak berlebihan dengan warna pink karena terlalu banyak akan memberikan tampilan romantis. 

Baca juga: 5 Cara Mendekorasi Apartemen Kecil untuk Pesta Makan Malam

Netral 

Warna netral diperlukan untuk palet warna estetika zen. Nuansa coklat dapat menenangkan dan warna dalam keluarga hijau (seperti hijau zaitun dan hijau hutan) membuat Anda tetap membumi.

Menjadi membumi adalah salah satu prinsip utama mencapai kedamaian batin. Itu berarti percaya diri pada diri sendiri, baik secara mental maupun fisik. 

Menurut Fundamental Growth, hijau tua sangat terhubung dengan alam, yang merupakan elemen penting lainnya dalam mempraktikkan kedamaian batin, 

Jika tidak tinggal di daerah dengan banyak hutan atau ruang hijau, memiliki sentuhan netral bersahaja di ruang adalah hal terbaik. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com