Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Kesalahan yang Dilakukan Saat Mendesain Dapur

Kompas.com - 04/11/2022, 18:23 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dapur menjadi ruangan paling fungsional di rumah. Namun, terkadang sulit mendesain dapur dengan baik.

Mendesain dapur tidak hanya soal estetika, tapi juga terkait gaya dan kepraktisan yang pada akhirnya dapat menciptakan ruang yang indah sekaligus fungsional. 

Baca juga: Lokasi Terbaik Meletakkan Mesin Pencuci Piring di Dapur

Untuk mencapai desain dapur demikian, Anda harus menerapkan aturan segitiga di dapur. Segitiga dapur merupakan sebuah pilar desain yang digunakan untuk membuat tata letak dapur menjadi lebih efisien dan memasak menjadi sederhana. 

Segitiga dapur mengacu pada tiga fitur utama, yaitu wastafel, kulkas, dan kompor yang harus ditata menyerupai segitiga.

Hal ini dapat memudahkan Anda melakukan rutinitas memasak atau dapur dengan mulus dan tanpa hambatan. Akan tetapi, tata letak ini terkadang sulit dibawa ke dapur, terutama bila berukuran sangat kecil. 

Baca juga: 5 Barang di Dapur yang Dapat Dibersihkan dengan Bubuk Kopi

Ilustrasi dapur terbuka, ilustrasi dapur farmhouse.Shutterstock/Sheila Say Ilustrasi dapur terbuka, ilustrasi dapur farmhouse.
Namun, dilansir dari Homes and Gardens, Jumat (4/11/2022), para ahli sepakat bahwa mengabaikan tata letak segitiga adalah satu-satunya kesalahan terbesar yang harus dihindari di dapur.  

Laura A. Suglia-Isgro, desainer utama di KAS Interior Design, memperingatkan tidak menciptakan ruang yang terlalu besar saat mendesai dapur karena dapat mengganggu segitiga kerja yang sangat penting.

Laura mengatakan tidak semua orang menggunakan konsep ini, tetapi ini adalah pedoman bagus untuk membantu menjaga dapur tetap berfungsi. 

Baca juga: 3 Kebiasaan yang Membuat Ruang Dapur Kurang Bersih dan Sehat

Sally Hinks, desainer interior di Harvey Jones, memperkuat pentingnya segitiga dapur dan kekuatannya atas kepraktisan di dapur. Karena itu, mengabaikan aturan ini adalah salah satu kesalahan desain terbesar yang dapat Anda lakukan.

Sally melanjutkan hal utama yang perlu diingat selama proses perencanaan tata letak adalah kepraktisan. Pikirkan baik-baik tentang bagian dapur mana yang akan paling sering digunakan dari sudut pandang memasak dan seberapa mudah Anda dapat berpindah di antaranya. 

Gunakan metode segitiga dapur sebagai panduan dan fokus pada kulkas, wastafel, serta kompor sebagai elemen inti saat memetakan ruang dapur. 

Baca juga: 10 Aturan Mendesain Dapur agar Fungsional

Jika mencari bantuan desainer profesional, mereka kemungkinan besar akan menggabungkan segitiga ke dalam dapur.

Namun, dengan saran tepat, Anda dapat memperbaiki kesalahan dan menyeimbangkan kembali kepraktisan serta gaya Anda sendiri.

"Kompor, wastafel, dan kulkas semuanya akan ditempatkan pada jarak yang sama satu sama lain, mengoptimalkan ruang kerja, dan berarti semuanya berada dalam jangkauan tangan saat menggunakan ruang," tutup Tom Howley, Direktur Dessain di Tom Howley. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com