Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Durasi Mengajak Anjing Peliharaan Jalan-jalan Setiap Harinya

Kompas.com - 23/10/2022, 08:40 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengajak anjing peliharaan berjalan-jalan setiap hari memberikan banyak manfaat, baik kesehatan mental maupun fisik, bagi semua ras anjing.

Jalan-jalan juga dapat merangsang mental anjing peliharaan seperti mengendus bau yang menarik, bertemu orang dan anjing lain, serta menjelajahi wilayah. 

Baca juga: Alasan Anjing Memakan Kotorannya dan Hewan Lain

Selain itu, mengajak anjing berjalan-jalan dapat mengurangi kebosanan serta membuat anjing lebih bahagia dan lebih santai secara keseluruhan. 

Namun, ada beberapa anjing yang tidak boleh berjalan jauh seperti anjing yang memiliki masalah kesehatan atau fisik sehingga menghalanginya menikmati jalan-jalan dengan aman dan nyaman.

Selain itu, beberapa anjing tidak menyukai berjalan-jalan karena takut atau cemas. Karena itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum mengajak anjing berjalan kaki seperti durasi. Ini juga menjadi pertanyaan umum yang sering ditanyakan pemilik anjing. 

Baca juga: 9 Fakta Menarik Anjing Border Collie, Raih Banyak Rekor dan Jadi Aktor

Berapa lama anjing peliharaan harus berjalan? 

Ilustrasi anjing Golden retriever berwarna terang, Ilustrasi mengajak anjing jalan-jalan. Unsplash/andriyko Ilustrasi anjing Golden retriever berwarna terang, Ilustrasi mengajak anjing jalan-jalan.
Dilansir dari The Spruce Pets, Minggu (23/10/2022), durasi anjing jalan-jalan, tergantung pada usia, ras, berat badan, dan kesehatan.

Misalnya, anak anjing membutuhkan jalan-jalan lebih pendek daripada anjing dewasa. Anak anjing memiliki banyak energi, tetapi staminanya tidak banyak, sehingga mudah lelah.

Karena itu, perlu melakukan jalan-jalan pendek singkat sekitar lima hingga 10 menit dan mengajkanya berjalan-jalan tiga kali atau lebih dalam sehari. 

Baca juga: 10 Hal yang Ditakuti Anjing, dari Petir hingga Anak-anak

Anjing yang lebih tua biasanya dapat berjalan lebih lama daripada anak anjing yang masih kecil. Namun, banyak anjing yang lebih tua membutuhkan jalan lebih pendek daripada yang mereka lakukan saat dewasa muda untuk mencegah cedera pada persendian dan otot.

Sedangkan anjing senior mempunyai stamina lebih sedikit dan cepat lelah daripada anjing dewasa muda. Untuk anjing yang sudah berusia lanjut, lakukan satu atau dua kali jalan kaki per hari, sekitar 20-30 menit.

Namun, dapat melakukan sedikit lebih lama jika anjing dalam kondisi prima, ingin terus berjalan, dan tidak mengalami pincang atau kekakuan yang berlebihan setelah berjalan lebih lama. 

Anjing dewasa dapat berjalan lebih lama daripada anak anjing dan manula, tergantung pada ras, tipe tubuh, dan kepribadian anjing.

Kebanyakan anjing dewasa senang berjalan-jalan sebanyak mungkin, setidaknya dua kali sehari dan jangan takut melakukan satu atau dua jalan tambahan jika Anda punya waktu.

Baca juga: 7 Fakta Menarik Anjing Whippet Si Pelari Cepat

Durasi jalan-jalan berdasarkan ras anjing

Ilustrasi anjing, ilustrasi kalung anjing, ilustrasi mengajak anjing jalan-jalan, ilustrasi anjing jalan-jalan.SHUTTERSTOCK / Maria Sbytova Ilustrasi anjing, ilustrasi kalung anjing, ilustrasi mengajak anjing jalan-jalan, ilustrasi anjing jalan-jalan.
Ras anjing kecil seperti Chihuahua, Maltese, Papillon, Pomeranian, dan Yorkshire terrier biasanya membutuhkan jalan yang lebih pendek.

Kaki kecil itu harus bergerak lebih banyak untuk menempuh jarak yang sama dengan anjing lebih besar dengan kaki lebih panjang. 

 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com