Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gandeng TapHomes dan CicilSewa, BTN Hadirkan KPR Rent to Own

Kompas.com - 12/10/2022, 20:25 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjawab kebutuhan masyarakat khususnya generasi Millenial maupun generasi Z, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk meluncurkan program KPR BTN Rent To Own.

Program ini berangkat dari konsep pemilikan rumah yang menggunakan mekanisme sewa untuk membantu masyarakat memiliki rumah dalam jangka waktu tertentu dan memberikan pilihan untuk memiliki rumah dengan cara kredit di masa akhir sewa.

“Kami memahami bahwa sebagian besar generasi saat ini lebih memilih untuk mengontrak atau menyewa rumah karena alasan belum mempersiapkan uang muka atau Down Payment atau belum mampu membeli rumah di lokasi yang dekat dengan lingkungan kerja yang biasanya berlokasi di perkotaan, sehingga mereka ragu memiliki rumah," kata Direktur Consumer BTN Hirwandi Gafar dalam keterangan resmi, Rabu (12/10/2022).

Baca juga: Mitra Gojek Beli Rumah Lewat KPR Subsidi Khusus

Ilustrasi membeli rumah baruShutterstock Ilustrasi membeli rumah baru

Menurut Hirwandi, dengan KPR BTN Rent to Own, masyarakat dapat membayar uang sewa setiap bulan sekaligus mengalokasikan tabungan untuk membeli rumah.

Selain itu, Rent to Own dapat membantu mereka yang ingin memiliki rumah namun termasuk masyarakat yang belum bankable atau tersentuh layanan perbankan.

Sebab, dengan menggunakan skema Rent to Own, mereka terlatih untuk membayar cicilan secara teratur dan akan menjadi penilaian dalam pemberian KPR setelah masa sewa selesai.

Hirwandi menjelaskan untuk mendorong penyaluran KPR Rent to Own, BTN menggandeng dua Rent To Own Provider (RTO Provider), yaitu CicilSewa dan TapHomes. Keduanya merupakan RTO Provider yang sudah memiliki kerja sama dengan banyak developer dan memiliki pilihan hunian yang banyak dan bervariasi untuk ditawarkan ke konsumen.

Baca juga: BTN Sediakan KPR dengan Bunga Menarik untuk Pegawai BNN

“Kedua mitra kami baik CicilSewa dan TapHomes menjadi mitra strategis BTN dalam menyalurkan KPR BTN Rent To Own, karena keduanya memiliki infrastruktur yang bagus, dengan fitur yang menarik dan memudahkan konsumen untuk memiliki rumah impiannya,” terang Hirwandi.

Cara mengajukan KPR BTN Rent to Own

Pertama, konsumen dapat memilih rumah yang telah terkualifikasi oleh RTO Provider. Kedua, pelanggan kemudian membayar uang muka (DP) mulai dari 5 persen.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com