Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lantai Vinil Vs Lantai SPC, Mana yang Lebih Baik untuk Rumah?

Kompas.com - 22/09/2022, 19:10 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Ada berbagai jenis lantai yang sering digunakan untuk hunian, di antaranya lantai vinil dan lantai SPC. Keduanya memiliki tampilan serupa meski bahan dasarnya cukup berbeda.

Untuk lantai vinil, misalnya, terbuat dari polyvinyl chloride atau PVC, sedangkan lantai SPC terbuat dari stone plastic composite.

Baca juga: Ketahui Lebih Jauh Lantai SPC, Diklaim Aman dan Ramah Lingkungan

Dengan kata lain, lantai SPC mengandung bebatuan dalam bahan dasarnya sehingga membuatnya cukup berbeda dari lantai vinil.

Akan tetapi, mana yang lebih baik digunakan di rumah serta yang lebih tahan lama?

Ketahanan

Ilustrasi lantai vinyl.SHUTTERSTOCK / appleyayee Ilustrasi lantai vinyl.

Baik lantai vinil maupun lantai SPC, sama-sama cukup tahan digunakan pada ruangan dengan lalu lintas manusia yang ramai.

Management Trainee TACO Group, Harashta Wendranirsa, mengatakan keduanya juga cocok untuk hunian yang memiliki hewan peliharaan seperti anjing dan kucing yang terkenal dapat meninggalkan noda gores. 

“Kalau goresan sedalam apa, itu ada sekian milimeter, tapi sampai titik tertentu pasti tahan. Cukup ramah hewan peliharaan. Tapi lantai SPC lebih keras daripada vinil,” ujarnya di The Colours of Indonesia (TCOI) di mal Senayan City, Jakarta, baru-baru ini. 

Baca juga: Mengenal Lantai Vinil dan Laminasi, Serta Kelebihan dan Kekurangannya

Pilihan warna dan motif

Untuk warna dan motifnya sendiri, saat ini sudah banyak produsen lantai vinil dan SPC yang menawarkan berbagai macam pilihan.

Jika beberapa waktu lalu lantai vinil dan SPC lebih umum bermotif kayu dan berwarna coklat gelap, kini masyarakat sudah bisa memilih motif dan warna lain untuk mendekorasi huniannya.

Baca juga: Cara Merawat Lantai SPC agar Awet Lebih Lama

Teknik pemasangan

Ilustrasi lantai vinyl.SHUTTERSTOCK / appleyayee Ilustrasi lantai vinyl.

Public Relations Assistant Manager TACO Group, Ashita Widya Amelinda, mengatakan teknik pemasangan lantai SPC lebih mudah daripada lantai vinil.

“Misal, untuk yang enggak mau ruangannya bau atau ingin cepat ditempatin, mending lantai SPC. Kalau vinil, harus pakai lem, baunya bisa dua hari baru hilang,” terangnya dalam kesempatan yang sama.

Ashita melanjutkan, teknik pemasangan lantai SPC pun lebih mudah karena menggunakan sistem kunci sehingga memudahkannya dilepas pasang.

Lantai SPC tinggal klik, enggak perlu pakai lem. Kalau mau pindah rumah, lebih gampang dibawa,” sambungnya. 

Baca juga: Lantai Granit Vs Keramik, Apa Kelebihan dan Kelemahannya?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com