Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Biarkan Tanaman Kaktus Kehujanan, Mengapa?

Kompas.com - 16/09/2022, 16:39 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanaman kaktus akan tumbuh dengan baik dan sehat di daerah kering. Selain itu, tanaman kaktus juga harus ditanam di tanah yang mengering dengan baik agar tetap hidup dan bahkan berbunga.

Namun, bagaimana jika tanaman kaktus kehujanan? Ini bisa terjadi jika ada meletakkan tanaman kaktus di halaman rumah atau di teras rumah.

Dilansir Gardening Know How, Jumat (16/9/2022), cara paling jelas untuk melindungi tanaman kaktus dan tanaman sukulen dari hujan adalah menanamnya dalam wadah dengan lubang drainase.

Baca juga: Mengapa Kaktus Lembek dan Busuk? Penyebab dan Solusinya

Ilustrasi tanaman kaktus mini.UNSPLASH/STEPHANIE HARVEY Ilustrasi tanaman kaktus mini.

Tanaman kaktus atau sukulen yang ditanam dalam pot kemudian dapat dipindahkan ke area perlindungan setiap kali hujan lebat atau hujan berkepanjangan diperkirakan akan turun.

Tanaman ini telah beradaptasi untuk bertahan hidup pada air yang terbatas. Kondisi tempat mereka berasal sering kali berupa gurun kering yang panas.

Daun sukulen juga telah beradaptasi untuk menyimpan air untuk penggunaan di masa depan. Ketika Anda melihat tanaman sukulen dengan daun yang gemuk, ini berarti tanaman menyimpan air untuk kebutuhan di kemudian hari.

Kaktus bahkan lebih baik dalam menyimpan air daripada kebanyakan sukulen. Kaktus memiliki sel penyimpanan air yang memungkinkan beberapa kaktus gurun untuk menyimpan air selama dua tahun.

Baca juga: Kapan Harus Memberi Pupuk Tanaman Kaktus? Ini Panduannya

Tanaman ini telah berevolusi menjadi unit penyimpanan air yang tahan lama. Akibatnya, beberapa hari atau bahkan berminggu-minggu penyimpanan di luar hujan tidak akan menimbulkan masalah bagi tanaman.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com