Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Ampuh Memberikan Obat untuk Hewan Peliharaan agar Tidak Berontak

Kompas.com - 15/09/2022, 19:10 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Mendapati hewan peliharaan seperti anjing dan kucing yang sakit tentu membuat khawatir sekaligus pusing. 

Pasalnya, anjing dan kucing peliharaan yang sakit sering kali lebih rewel, enggan makan dan minum, serta sulit minum obat

Baca juga: Waspada, Ini 7 Tanda Hewan Peliharaan Mengalami Obesitas

Bahkan kucing atau anjing yang paling terlatih pun kemungkinan akan kabur, berontak, hingga mencakar-cakar tangan Anda saat hendak diberi minum obat. Begitu pun memberikan obat-obatan merupakan tugas paling ditakuti pemilik hewan.

Nah, untuk membuat proses ini tidak terlalu menyakitkan bagi hewan peliharaan dan Anda, sebaiknya menyusun strategi. 

Dikutip dari Mental Floss, Kamis (15/9/2022), menurut American Society for the Prevention of Cruelty to Animals (ASPCA)—organisasi nirlaba yang didedikasikan untuk mencegah kekejaman terhadap hewan—menggabungkan obat dengan sesuatu yang lebih menarik dapat menarik anjing peliharaan dan kucing untuk memakannya. 

Baca juga: Memberikan Obat Manusia pada Kucing Sakit, Amankah?

Ilustrasi anjing minum obat, Ilustrasi memberikan obat pada anjing peliharaan.Shutterstock/Liudmyla Guniavaia Ilustrasi anjing minum obat, Ilustrasi memberikan obat pada anjing peliharaan.
Misalnya, untuk anjing, Anda bisa mencoba membungkus obat dalam bentuk tablet atau kapsul ke dalam sepotong daging, keju makan siang, atau "mengubur" di bawah sesendok makanan basah atau selai kacang.

Apabila itu menjadi makanan yang disukai anjing, sahabat bulu akan memakannya tanpa memperhatikan komponen yang tersembunyi.

Sementara itu, untuk kucing sedikit lebih sulit karena cenderung pilih-pilih makanan daripada anjing. Namun, Anda masih bisa menggunakan makanan untuk mengelabui mereka agar minum obat.  

Baca juga: Hewan Peliharaan Lebih Baik Mengonsumsi Makanan Segar, Mengapa?

Cara termudah adalah mencampur obat dengan makanan yang biasa dikonsumsi sahabat bulu dan berharap mereka memakannya saat makan malam. Jika cara ini tidak berhasil, coba masukkan tablet obat ke makanan lembut. 

Namun, trik ini tidak berhasil pada setiap hewan peliharaan. Memberi makan obat untuk hewan yang keras kepala mungkin memerlukan metode lebih langsung.

Baik memegang kucing maupun anjing, gunakan tangan Anda yang tidak dominan untuk mengangkat rahang atas mereka hingga mulutnya terbuka. 

Dengan tangan yang lain, letakkan pil sejauh mungkin ke belakang mulut mereka tanpa merangsang refleks muntah. 

Baca juga: Cara Mudah Membersihkan Mainan Hewan Peliharaan

Selanjutnya, tutup mulut hewan peliharaan dan pijat dengan lembut tenggorokan mereka untuk mendorongnya menelan obat. 

Untuk kucing, Anda perlu membungkusnya dengan selimut sebelum membuka mulutnya guna mencegahnya mencakar Anda atau kabur.

Seekor anjing atau kucing biasanya akan menjilat hidung atau bibirnya setelah menelan sesuatu. Karena itu, awasi hewan peliharaan selama beberapa menit untuk memastikannya benar-benar menelan obat.

Jangan lupa memberikan camilan dan pujian pada hewan peliharaan selama proses ini agar mereka mengaitkannya dengan perasaan menyenangkan saat harus meminum obat kembali. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com