Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/08/2022, 12:09 WIB
Nabilla Ramadhian,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Tidak semua pemilik kucing dapat mengajak sahabat bulunya jalan-jalan dengan tenang di dalam pet cargo.

Ada yang kucingnya benar-benar tidak ingin memasuki pet cargo, berhasil masuk tetapi selalu berusaha ingin keluar, bahkan ada pula yang kucingnya tidak bisa diam di dalam pet cargo.

Baca juga: 5 Tipe Pemilik Kucing, Kamu yang Mana?

Dokter hewan sekaligus pemilik Citra Pet and Vet, Vici Eko Handayani, mengungkapkan, ada kemungkinan kucing enggan masuk ke pet cargo karena tidak memiliki pengalaman baik.

“Sebagian besar kucing hanya masuk ke pet cargo kalau mau ke dokter hewan, enggak punya pengalaman indah, seperti untuk masuk ke mobil dan diajak jalan-jalan,” ujarnya di Indonesia International Pet Expo (IIPE) 2022 di ICE BSD, Tangerang, Sabtu (27/8/2022) lalu. 

Ilustrasi kucing menyipitkan matanya. Shutterstock/Olena Lompei Ilustrasi kucing menyipitkan matanya.

Jika kucing tidak mengasosiasikan pet cargo dengan pengalaman buruk, akan lebih mudah bagi pemilik untuk memasukkan sahabat bulu ke dalam.

Tentunya, hal ini cukup merepotkan ketika kucing peliharaan harus dibawa ke dokter hewan, terutama ketika situasi tidak memungkinkan pemilik untuk menggendong sahabat bulu.

Baca juga: Kenapa Kucing Sphynx Tidak Berbulu?

Lantas, seperti apa cara aman memasukkan kucing ke pet cargo, jika pemilik belum sempat menggunakan pet cargo untuk mengajak sahabat bulu jalan-jalan alih-alih ke dokter hewan?

“Bisa masukkan barang-barangnya kucing. Selimut, handuk, dan lain-lain yang memiliki aromanya harus masuk. Kalau kucing belum terbiasa, dilatih agar mereka bisa masuk sendiri,” jelas Vici.

Cara lain untuk dicoba adalah membuatnya berjalan mundur ke arah pet cargo. Putar badannya agar kucing menghadap ke arah pemilik.

Baca juga: Bisakah Kucing Merasa Kesepian Seperti Manusia?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com