Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Mendekorasi Ruang Tamu Persegi Panjang

Kompas.com - 02/08/2022, 22:40 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Decortips

JAKARTA, KOMPAS.com – Saat mendekorasi ruang tamu persegi panjang, beberapa orang merasa kesulitan mengenai tata letak setiap furnitur.

Sofa utama mungkin akan dipepetkan ke tembok, sementara kursi lainnya diletakkan di sisi kanan dan kiri sofa sehingga area tempat duduk membentuk huruf “U”.

Baca juga: Di Mana Penempatan TV yang Baik di Ruang Tamu Menurut Feng Shui?

Sementara untuk area tengah di antara tempat duduk akan diisi meja kopi dan di depan meja kopi adalah televisi.

Tata letak seperti ini paling mudah diterapkan di ruang tamu persegi panjang, tetapi ada kemungkinan masih ada sisa ruang kosong yang menunggu didekorasi.

Ruang tamu yang terlalu penuh dengan barang dapat membuat beberapa orang merasa kurang nyaman sehingga area kosong dibiarkan begitu saja.

Dilansir dari Decortips, Selasa (2/8/2022), berikut cara memaksimalkan penggunaan furnitur dan barang dekorasi di ruang tamu persegi panjang sembari membuatnya terlihat menarik. 

Baca juga: 6 Warna Gorden yang Cocok untuk Ruang Tamu Berdinding Putih

Kosongkan bagian tengah ruangan

Ruang tamu harus memungkinkan seseorang bergerak dengan bebas. Jadi, cobalah menaruh furnitur, termasuk sofa dekat dengan dinding.

Dengan demikian, titik tengah ruangan bebas dari hambatan. Cara ini berguna untuk ruang tamu persegi panjang yang sempit. Sebab, peletakkan furnitur yang mepet dengan dinding menciptakan ilusi visual bahwa ruangan terlihat lebih luas.

Baca juga: Panduan Meletakkan Sofa dan TV di Ruang Tamu Sempit

Manfaatkan sudut ruangan

Ilustrasi ruang tamu, karpet ruang tamu.UNSPLASH/SPACEJOY Ilustrasi ruang tamu, karpet ruang tamu.

Saat memindahkan furnitur ke arah dinding, ada beberapa sudut yang biasanya tidak diacuhkan. Padahal, bisa dimanfaatkan guna memaksimalkan penggunaan ruang tamu.

Cobalah menempatkan furnitur yang cocok di sudut ruangan seperti meja samping. Ini adalah benda dekoratif yang fungsional. Bisa pula menghadirkan rak penyimpanan atau rak buku. 

Baca juga: 4 Ide Dekorasi Coffee Table untuk Mempercantik Tampilan Ruang Tamu

Tak perlu menggunakan benda persegi panjang

Untuk mendekorasi ruang tamu persegi panjang, gunakan barang dengan bentuk berbeda. Sebab, umumnya orang-orang menghias ruangan menggunakan barang yang bentuknya sama.

Jika menggunakan barang yang bentuknya beda dari bentuk ruangan, kamu dapat menciptakan nuansa unik. Misalnya, menggunakan obyek persegi dan lingkaran di ruang tamu persegi panjang. 

Untuk dekorasi dinding, kamu dapat menggantung foto atau karya seni yang bingkainya memiliki ukuran berbeda antara bingkai presegi dan persegi panjang.

Baca juga: 8 Kesalahan Mendekorasi Ruang Tamu dengan Warna Abu-Abu

Masukkan furnitur berkaki ramping

Ilustrasi ruang tamu dengan nuansa warna teal.SHUTTERSTOCK/DARIUSZ JARZABEK Ilustrasi ruang tamu dengan nuansa warna teal.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com