Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Tips Mendekorasi Ruang Tamu Persegi Panjang

Sofa utama mungkin akan dipepetkan ke tembok, sementara kursi lainnya diletakkan di sisi kanan dan kiri sofa sehingga area tempat duduk membentuk huruf “U”.

Sementara untuk area tengah di antara tempat duduk akan diisi meja kopi dan di depan meja kopi adalah televisi.

Tata letak seperti ini paling mudah diterapkan di ruang tamu persegi panjang, tetapi ada kemungkinan masih ada sisa ruang kosong yang menunggu didekorasi.

Ruang tamu yang terlalu penuh dengan barang dapat membuat beberapa orang merasa kurang nyaman sehingga area kosong dibiarkan begitu saja.

Dilansir dari Decortips, Selasa (2/8/2022), berikut cara memaksimalkan penggunaan furnitur dan barang dekorasi di ruang tamu persegi panjang sembari membuatnya terlihat menarik. 

Kosongkan bagian tengah ruangan

Ruang tamu harus memungkinkan seseorang bergerak dengan bebas. Jadi, cobalah menaruh furnitur, termasuk sofa dekat dengan dinding.

Dengan demikian, titik tengah ruangan bebas dari hambatan. Cara ini berguna untuk ruang tamu persegi panjang yang sempit. Sebab, peletakkan furnitur yang mepet dengan dinding menciptakan ilusi visual bahwa ruangan terlihat lebih luas.

Saat memindahkan furnitur ke arah dinding, ada beberapa sudut yang biasanya tidak diacuhkan. Padahal, bisa dimanfaatkan guna memaksimalkan penggunaan ruang tamu.

Cobalah menempatkan furnitur yang cocok di sudut ruangan seperti meja samping. Ini adalah benda dekoratif yang fungsional. Bisa pula menghadirkan rak penyimpanan atau rak buku. 

Tak perlu menggunakan benda persegi panjang

Untuk mendekorasi ruang tamu persegi panjang, gunakan barang dengan bentuk berbeda. Sebab, umumnya orang-orang menghias ruangan menggunakan barang yang bentuknya sama.

Jika menggunakan barang yang bentuknya beda dari bentuk ruangan, kamu dapat menciptakan nuansa unik. Misalnya, menggunakan obyek persegi dan lingkaran di ruang tamu persegi panjang. 

Untuk dekorasi dinding, kamu dapat menggantung foto atau karya seni yang bingkainya memiliki ukuran berbeda antara bingkai presegi dan persegi panjang.

Untuk membuat ruang tamu persegi panjang tidak terasa sumpek dan terlalu ramai, gunakan sofa berbentuk L, lalu, gabungkan dengan kursi berlengan yang kakinya ramping.

Gunakan juga meja kopi dan furnitur lainnya yang berkaki panjang di ruang tamu. 

Fokuskan perhatian pada dinding di belakang sofa

Mengecat ruang tamu persegi panjang dengan warna putih membantu memberikan nuansa ruangan yang lebih lapang.

Namun, supaya ruangan terlihat lebih menarik, hadirkan sentuhan berbeda pada dinding di belakang sofa.

Ada berbagai pilihan material untuk mendekorasi area dindin di belakang sofa,  dari penggunaan wallpaper, memajang koleksi foto terbaik, atau lukisan.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/08/02/224000476/5-tips-mendekorasi-ruang-tamu-persegi-panjang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke