Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Cara Membasmi Serangga di Rumah dengan Bahan-bahan Alami

Kompas.com - 20/07/2022, 19:05 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber decor tips

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada beberapa jenis serangga yang bisa masuk ke rumah, dari nyamuk, lalat, semut, hingga laba-laba.

Keberadaan serangga ini tak hanya mengganggu, tetapi juga membuat rumah kotor. Karena itu, penting untuk segera menyingkirkannya. 

Baca juga: 8 Cara Mudah Menciptakan Dapur Bebas Serangga

Cara termudah mengusir serangga dari rumah adalah menggunakan produk pembasmi serangga. Namun, Anda bisa menggunakan bahan-bahan alami di rumah untuk membasmi serangga

Dilansir dari Decor Tips, Rabu (20/7/2022), berikut cara membasmi serangga di rumah.  

Lalat buah dan agas

Ilustrasi lalat buah.SHUTTERSTOCK / SUPAPORNKH Ilustrasi lalat buah.
Membasmi serangga lalat buah dan agas dapat menggunakan dengan campuran cuka sari apel. Gunakan wadah dengan mulut sempit, tambahkan campuran ini sampai menutupi dasar wadah, dan tambahkan beberapa tetes sabun cuci piring cair dan aduk rata.

Tinggalkan wadah pada titik strategis dan lihat bagaimana lalat buah masuk ke wadah, terjebak, dan tidak mengganggu Anda lagi. 

Baca juga: 6 Serangga di Pekarangan Rumah yang Tidak Boleh Dibasmi 

Ngengat

Ngengat biasanya ditemukan di lemari seperti lemari pakaian dan lemari dapur. Untuk membasmi ngengat, letakkan beberapa lembar daun salam di lemari dapur, lemari pakaian, serta laci dan rak. 

Semut

Semut umum ditemukan di dapur dan membuat jengkel. Ada dua cara menghilangkannya. Pertama, semprotkan perasan lemon di sekitar jendela dan tepi lantai.

Ini tidak hanya menjauhkan semut, tetapi juga memastikannya tidak akan kembali. Kedua, tempatkan semangkuk tepung jagung di dekat semut. Ini bertindak sebagai umpan dan akan menjebak semut di satu tempat sehingga Anda dapat mengatasinya. 

Baca juga: 7 Tanaman Pengusir Semut yang Dapat Ditanam di Rumah 

Lalat 

Ilustrasi lalat.PIXABAY/ADEGE Ilustrasi lalat.
Lalat adalah salah satu serangga yang paling tidak diinginkan di rumah. Lalat bisa berterbangan ke mana saja serta membawa virus yang dapat ditransfer ke makanan.

Untuk membasmi lalat dari rumah, letakkan lemon yang dipotong menjadi dua bagian, lalu ditusuk masing-masing dengan beberapa cengkeh.

Cara lain, menggantung irisan lemon di balkon atau jendela. Gerakan dan pantulan cahaya dapat mengusir lalat.  

Baca juga: Cara Ampuh Mengusir Lalat di Rumah 

Laba-laba 

Laba-laba meninggalkan jaring yang dapat mengotori rumah dan sangat membuat tidak nyaman. Untuk menghilangkannya, semprotkan sedikit air dan cuka putih pada celah-celah dan sudut-sudut rumah. 

Selain itu, bisa pula menyemprotkan perasan air jeruk karena laba-laba membenci aromanya. 

Baca juga: Catat, Ini 6 Tanaman Pengusir Nyamuk dan Serangga

Nyamuk 

Nyamuk bisa menggigit dan membawa penyakit seperti demam berdarah. Untuk menjauhkannya, letakkan tanaman aromatik seperti lavender atau serai wangi di dekat jendela. 

Aroma lavender disukai manusia, tetapi tidak dapat ditoleransi nyamuk. Manfaatkan dan gunakan pot hias yang cantik untuk menanamnya. Lengkapi aroma ini dengan lilin beraroma lavender. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com