Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Hal yang Harus Dipertimbangkan Saat Pindah Rumah ke Lokasi Baru

Kompas.com - 20/07/2022, 12:03 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pindah rumah menjadi pengalaman yang dinanti-nantikan dan menyenangkan, terlebih bila membeli rumah alias rumah sendiri.  

Namun, proses pindah rumah sering kali melibatkan banyak hal dan persiapan yang bisa membuat repot, kewalahan, serta kelelahan. 

Baca juga: 4 Tips Membuat Proses Pindah Rumah Menjadi Lebih Mudah

Mulai dari, mengemas barang-barang, menyiapkan sejumlah berkas, menggunakan jasa pindah rumah, memeriksa kebersihan dan kondisi rumah baru, hingga mencari tahu keamanan wilayah.

Proses ini semakin rumit ketika memutuskan pindah rumah ke lokasi atau wilayah baru. Setelah tinggal di daerah yang sama selama bertahun-tahun, kini Anda memilih tempat baru untuk dijelajahi.

Meski sangat mengasyikkan, hal ini dapat menambah tekanan yang dapat membuat sulit merencanakan aspek-aspek tertentu dari perencanaan Anda dengan benar. 

Untuk memudahkan, berikut empat hal yang harus dipertimbangkan saat pindah rumah ke lokasi baru, My Decorative, Rabu (20/7/2022).  

Baca juga: 3 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Menggunakan Jasa Pindah Rumah 

Harga rumah

Ilustrasi rumah, ilustrasi eksterior rumah.Shutterstock/Jaruwan Jaiyangyuen Ilustrasi rumah, ilustrasi eksterior rumah.
Harga rumah adalah salah satu faktor paling penting untuk dipertimbangkan ketika memutuskan pindah rumah ke lokasi baru. 

Tentu saja, sangat mudah dan menyenangkan tinggal di daerah strategis atau pusat kota, tetapi tidak ada gunanya jika properti di daerah tersebut memiliki harga yang melebihi  anggaran Anda.

Karena itu, Anda harus realistis tentang kemampuan keuangan yang dimiliki. Pertimbangkan situasi keuangan saat ini. Berapa banyak uang yang dimiliki di rekening tabungan Anda? Apakah Anda memenuhi syarat untuk mendapatkan pinjaman hipotek?

Cobalah mengecek semua jenis properti yang diinginkan di setiap area yang Anda minati. Bandingkan harga rumah dan cari tahu area mana yang paling sesuai dengan anggaran Anda.  

Baca juga: Catat, Ini 4 Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Pindah Rumah

Biaya hidup

Selain biaya properti baru, hal yang harus dipertimbangkan saat pindah rumah ke lokasi baru adalah memperhitungkan biaya hidup setelah pindah seperti pajak rumah, persediaan utilitas, bahan bakar, dan makanan.

Hal lain mempertimbangkan biaya perjalanan jika masih bekerja dan biaya pendidikan jika memiliki anak yangbersekolah.

Hal-hal ini mungkin tampak tidak penting dalam skema besar, tetapi dapat menambahkan hingga sejumlah besar uang dalam jangka panjang. 

Baca juga: Menyewa Jasa Pindah Rumah atau Melakukan Sendiri, Mana Lebih Efektif?

Keamanan

Ilustrasi kunci pintu rumahShutterstock/Alex Photo Stock Ilustrasi kunci pintu rumah
Jika -indah rumah ke daerah baru yang tidak terlalu diketahui, penting untuk selalu memprioritaskan keselamatan.

Lakukan penelitian dan periksa tingkat kejahatan di wilayah atau kawasan tersebut. Harus ada informasi yang akurat dan terkini mengenai frekuensi serta jenis kejahatan yang dilakukan di setiap wilayah secara online.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com