Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Tips Menata Meja Makan agar Tampak Menarik dan Elegan

Kompas.com - 18/07/2022, 23:23 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber My Domaine

JAKARTA, KOMPAS.com – Beberapa orang gemar mengundang sanak saudara dan sahabat terdekat untuk pesta makan bersama seperti perayaan ulang tahun hingga kelulusan. 

Dalam menyambut tamu, pemilik rumah tentu ingin memberikan kesan positif dan menyenangkan. Untuk itu, perlu memastikan rumah dalam keadaan bersih, harum, serta bebas kekacauan. 

Baca juga: 4 Tips Membuat Area Meja Makan Terlihat Lebih Mahal dan Mewah

Namun, ada satu hal yang mungkin dilupakan beberapa pemilik rumah, yakni menata meja makan. Menata meja makan dapat memberi kesan positif pada tamu saat menikmati hidangan. 

Akan tetapi, penataan ini tidak hanya sekadar memastikan semua peralatan makan tersedia, tapi juga menyiapkan dekorasi dan susunan perlengkapan makan. 

Dilansir My Domaine, Senin (18/7/2022), berikut tips menata meja makan agar terlihat lebih menarik dan elegan. 

Baca juga: Meja Makan Marmer Vs Kayu, Mana yang Terbaik untuk Ruang Makan?

Siapkan perlengkapan meja makan

Ilustrasi meja makan.SHUTTERSTOCK / Akasha Ilustrasi meja makan.

Dannyelle Nicolle-Ramjist, ahli perencanaan pesta, dan Lisa Grotts, guru etiket dari The Golden Rules Gal, mengatakan hal pertama yang perlu disiapkan adalah perlengkapan yang akan dihadirkan di meja makan.

Meski bukan termasuk aturan kokoh yang harus diikuti, sebaiknya perlengkapan meja makan mencakup tatakan piring untuk setiap tamu, peralatan makan yang sesuai dengan hidangan, serta gelas untuk setiap tamu. 

Setelah itu, siapakan kain seperti serbet dan taplak meja atau taplak jenis runner serta piring, piring untuk salad jika diperlukan, dan mangkuk sup untuk setiap tamu.

Selanjutnya, pilihan dekorasi seperti rangkaian bunga atau lilin, cangkir kopi dan piring makanan ringan untuk setiap tamu serta kartu tempat duduk apabila ingin memberi kesan unik.

Baca juga: Meja Makan Bundar Vs Segi Empat, Mana yang Sebaiknya Dipilih?

Taruh kain dan tatakan piring

Ilustrasi meja makan.SHUTTERSTOCK / Pixel-Shot Ilustrasi meja makan.

Setelah itu, letakkan taplak meja atau taplak jenis runner terlebih dulu. Namun, hal ini tergantung pada jenis tamu yang diundang dan nuansa yang ingin dihadirkan.

Apabila ingin mengadakan pesta makan yang kasual, meja makan bisa dibiarkan tanpa taplak. Namun, letakkan tatakan piring di depan setiap tempat duduk.

Pastikan posisi serbet tidak saling berdempetan agar para tamu bisa menikmati hidangan dengan nyaman.

Baca juga: 3 Tips Menjaga Meja Makan Selalu Tertata Rapi dan Teratur

Letakkan piring di tengah tatakan

Piring harus berada tepat di tengah tatakan agar tampilan meja makan seimbang. Bagi yang menyajikan salad, letakkan piring khusus salad tepat di sisi atas piring makan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com