Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/07/2022, 14:03 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Seiring berjalannya waktu, plafon dapat meninggalkan noda yang cukup terlihat jelas seperti bintik-bintik coklat.

Rupanya, noda tersebut berasal dari endapan mineral kering yang menandakan bahwa air dari pipa ledeng atau atap mengalami kebocoran. 

Baca juga: Jenis Cat Terbaik dan Cara Mengecat Ulang Plafon Kamar Mandi

Meski masalah ini bisa diatasi, noda coklat yang tertinggal pada plafon masih memerlukan perhatian. Untungnya, ada cara menghilangkan noda coklat tersebut tanpa perlu melakukan renovasi besar-besaran.

Salah satunya, menggunakan pembersih catch-all dan pemutih. Caranya, melarutkan satu cangkir pemutih atau sekitar 236 mililiter dan tiga bagian air.

Namun, jangan mencampur pemutih dengan bahan kimia atau pembersih lainnya karena asap yang dihasilkan bisa sangat berbahaya.

Baca juga: 4 Elemen Menarik yang Dapat Mempercantik Plafon Kamar Tidur Anak

Ilustrasi plafon rumah yang terdapat noda kecoklatan.Shutterstock/Inna_liapko Ilustrasi plafon rumah yang terdapat noda kecoklatan.
Setelah itu, masukan campuran tersebut ke botol semprot atau oleskan pada spons, lalu seka atau semprot larutan pada area plafon yang terkena noda. Kemudian, pastikan menyeka permukaan dengan air bersih.

Dilansir dari Mental Floss, Jumat (8/7/2022), pemutih tidak hanya menghilangkan noda pada plester atau cat, tetapi membunuh jamur dan mempersiapkan permukaan untuk dicat di atas noda.

Setelah mengoleskan pemutih, diamkan selama 24 jam, lalu aplikasikan primer antinoda untuk mencegah noda bawaan keluar dari cat seiring waktu, dan tambahkan warna cat pilihan Anda.

Baca juga: Ini Alasan Mengapa Lebih Baik Mengecat Plafon dengan Warna Terang

Akan tetapi, sulit menemukan kecocokan warna cat yang tepat. Jadi, jika menemukan cat baru yang mencuat, Anda perlu melakukan pengecatan ulang semua plafon.  

Jika noda menyebabkan retakan pada plester, segera memperbaikinya sebelum mengecat. Alat perbaikan tersedia di sebagian besar toko perbaikan rumah.

Jangan lupa melakukan pengikisan cat, kemudian menggunakan pengisi yang dapat diaplikasikan seperti dempul dan haluskan. 

Baca juga: Cara Membersihkan Kipas Angin Plafon yang Berdebu

Hal terpenting saat menangani noda air adalah menemukan penyebabnya. Sebelum mengecat, pastikan telah mengatasi sumber kebocoran dan melakukan perbaikan.

Kamar mandi dan atap rumah yang rusak adalah penyebab paling umum munculnya noda bintik-bintik coklat pada plafon rumah. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com