Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Digempur Pandemi, Pasar Cat Dekoratif Indonesia Masih Potensial

Kompas.com - 01/07/2022, 20:13 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comPandemi Covid-19 yang menghantam Indonesia sejak 2 Maret 2020 rupanya tidak terlalu mempengaruhi pasar cat dekoratif Tanah Air. 

Hal ini diungkapkan Vice President Director Avian Brands, Ruslan Tanoko, dalam konferensi pers di Mal Plaza Senayan, Jakarta, Jumat (1/7/2022).

Baca juga: Cara Merawat dan Membersihkan Kuas Cat agar Tahan Lama

“Pasar dekoratif di Indonesia sangat besar. Kalau dilihat, adanya pandemi pun industri pasar dekoratif untuk rumah efeknya cukup minim (terpengaruh). Enggak begitu terganggu,” ucapnya.

Menurut Ruslan, hal ini didasari pada kebutuhan sebagian masyarakat untuk mengecat rumah guna mempercantik atau menyegarkan kembali tampilannya.

Jika dilihat dari sisi produsen cat, ia menuturkan, Avian juga meluncurkan sebuah inovasi dalam industri cat yang semakin menarik perhatian masyarakat untuk tetap mengecat hunian mereka.

“Salah satunya inovasi cat Avitex Anti Viruz. Pasar cat dekoratif Indonesia sangatlah besar, ini adalah hal yang sangat positif,” ujar Ruslan.

Baca juga: Pilihan Warna Cat Ruang Tamu yang Cerah dan Cheerful

Peningkatan target penjualan

Ilustrasi cat dinding. PIXABAY/STUX Ilustrasi cat dinding.

Menilik pasar cat dekoratif yang tidak terlalu terpengaruh pandemi Covid-19 hingga saat ini, Ruslan mengungkapkan pihaknya akan meningkatkan target penjualan.

Pada 2021, pihaknya berhasil meraup penjualan sekitar Rp 6 triliun. Namun, Avian Brands saat ini akan meningkatkan target penjualan menjadi sekitar 10-15 persen.

“Langkah-langkah yang akan dilakukan untuk mendongkrak peningkatan target penjualan tentunya inovasi, ini sangat penting. Tanpa adanya inovasi, enggak ada perkembangan,” kata Ruslan.

Inovasi tidak hanya seputar kapasitas produksi, tetapi juga konsisten dalam menjaga kualitas cat yang dihasilkan serta penyebaran produk Avian Brands dari Sabang sampai Merauke.

Baca juga: Pilihan Cat Terbaik untuk Kamar Mandi yang Tahan Lama dan Kelembapan

Inovasi cat terbaru

Ilustrasi cat.FREEPIK/RACOOL_STUDIO Ilustrasi cat.

Inovasi terbaru yang diluncurkan Avian adalah cat Sunguard All-In-One. Cat yang hadir dalam tiga ukuran, yakni satu liter, 2,5 liter, dan 20 liter, ini mampu menahan sinar matahari yang dapat membuat warna cat pudar.

Research, Development, and Innovation Director Avian Brands, Angelica Tanisia Jozar, mengungkapkan Sunguard All-In-One memiliki keunggulan tersendiri terkait dengan teknologi pembuatnya.

Teknologi ini adalah UV Shield Pro yang dapat membuat cat lebih tahan terhadap sinar ultraviolet matahari sekaligus memantulkan sinar infrared.

Baca juga: Menurut Pakar, Ini Warna Cat yang Tidak Boleh Digunakan di Kamar Tidur

“Merefleksikan sinar infrared sehingga suhu permukaan dinding menjadi lebih dingin. Efeknya, di dalam ruangan terasa lebih dingin dan penggunaan listrik lebih hemat karena enggak perlu menyalakan AC," ungkap Angelica.

Dalam pembuatan Sunguard All-In-One, Avian menggunakan polimer melalui teknologi self cross link. Ikatan polimer pada cat akan semakin kuat saat terpapar sinar ultraviolet.

Hal inilah yang membuat cat terbaru dari Avian Brands ini dapat memberi perlindungan terhadap dinding rumah hingga 15 tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com