Kompas.com - 01/07/2022, 17:48 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Hama serangga seperti nyamuk, lalat, semut, dan jangkrik dapat muncul pada setiap area di rumah, termasuk taman atau halaman belakang. 

Musim atau cuaca panas menjadi waktu terbaik bagi semua jenis serangga muncul di taman, bahkan bisa tinggal di dalam rumah. 

Baca juga: 6 Cara Mencegah Hama di Setiap Area Rumah

Umumnya, hama ini dapat menyengat, menggigit, atau membawa penyakit, sementara yang lain memakan tanaman di kebun serta merusak bunga dan tanaman.

Namun, untuk mengatasi permasalahan tersebut, tidak selalu menggunakan pestisida kimia. Anda bisa menggunakan cara-cara alami yang lebih aman dan menjaga lingkungan. 

Dikutip dari Bobvila, Jumat (1/7/2022), berikut sejumlah cara alami mengendalikan hama di taman rumah. 

Baca juga: Plus Minus Menggunakan Rumput Palsu di Halaman Rumah

Pasang jaring atau kain tipis pada bibit tanaman 

Ilustrasi membasmi hama pada tamana, Ilustrasi menyemprotkan pestisida pada tanaman. SHUTTERSTOCK/LDPROD Ilustrasi membasmi hama pada tamana, Ilustrasi menyemprotkan pestisida pada tanaman.
Jangkrik pada dasarnya tidak berbahaya. Namun, jika serangga ini tampak mengganggu, cukup bersihkan dari pohon dengan selang taman.

Selain itu, pertimbangkan melindungi anakan dan bibit tanaman dengan jaring atau kain tipis karena beratnya rentetan jangkrik dapat merusak tanaman yang masih lunak. 

Baca juga: 4 Tanaman yang Dapat Mengusir Hama dan Serangga

Tanam tanaman pengusir serangga

Taman dapat menjadi tempat berkembang biak bagia beberapa serangga seperti nyamuk, lalat, kutu daun, dan ngengat.

Untuk mengusirnya tanam tanaman pengusir serangga seperti petunia, marigold, geranium, dan krisan. Piretrin, senyawa yang ditemukan dalam krisan, merupakan bahan aktif yang banyak digunakan dalam produk penolak serangga komersial. 

Singkirkan dengan tanaman herbal 

Ilustrasi tanaman herbal. Shutterstock/New Africa Ilustrasi tanaman herbal.
Selain tanaman hias, menanam tanaman herbal di taman rumah juga bisa mengusir hama. Beberapa pilihan tanaman herbal adalah peppermint, kemangi, sage, rosemary, lavender, dan mint.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Bobvila
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.