Kompas.com - 01/07/2022, 19:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat suhu udara meningkat, panas tersebut akan terasa hingga ke dalam rumah. Akibatnya, membuat penggunaan AC dan kipas angin semakin meningkat.

Namun, sebenarnya ada cara mudah dan murah lebih untuk membuat suhu di dalam rumah lebih sejuk dengan meletakkan berbagai tanaman

Baca juga: 4 Tanaman Herbal yang Dapat Dimanfaatkan untuk Produk Pembersih

Menurut Studi Ilmu Bumi National Aeronautics and Space Administration (NASA), Lembaga Luar Angkasa Amerika Serikat, tanaman dapat mengubah suhu atmosfer bumi melalui proses fotosintesis.

Tanaman menghasilkan sejumlah besar transpirasi yang meningkatkan uap air di atmosfer, menyebabkan lebih banyak curah hujan dan sering memperkuat pendinginan dengan menghalangi sinar matahari.

Transpirasi terjadi ketika atmosfer memanas sehingga tanaman akan sering melepaskan kelebihan air ke udara dari daunnya. Dengan melepaskan air yang menguap, tanaman mendinginkan diri dan lingkungan sekitarnya.

Dilansir dari House Beautiful, Jumat (1/7/2022), berikut tanaman hias yang dapat menjaga rumah tetap sejuk selama cuaca panas. 

Baca juga: Cara Menanam Tanaman Secara Hidroponik dengan Sistem Wick untuk Pemula

Ficus benjamina

Weeping fig atau ficus benjamina bisa menjadi pilihann tanaman hias untuk menyejukkan ruangan.SHUTTERSTOCK/ILLINA YULIIA Weeping fig atau ficus benjamina bisa menjadi pilihann tanaman hias untuk menyejukkan ruangan.
Ficus benjamina adalah salah satu dari sedikit pohon yang tumbuh dengan baik di dalam ruangan. Pohon berdaun ini membantu menjaga udara di dalam rumah tetap lembap dan sejuk.

Pilih batang yang tinggi dengan bagian atas yang lebat dan dapat berfungsi sebagai kanopi hutan kecil untuk tanaman lain di bawah atau di sekitarnya.

Dengan mengelompokkan tanaman bersama-sama, tanaman menciptakan ekosistem atmosfer kecil sendiri yang meningkatkan kelembapan di sekitarnya.

Pastikan menyiram tanaman secara teratur selama bulan-bulan musim panas dan pastikan tanaman ficus benjamina mendapat cahaya sedang sehingga dapat menyerap sinar matahari.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.