Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Hal di Rumah yang Wajib Dibersihkan, Apa Saja?

Kompas.com - 15/06/2022, 14:05 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Membersihkan rumah adalah salah satu cara membuat hunian tetap bersih dan nyaman. 

Membersihkan rumah sebetulnya lebih mudah dilakukan dan tidak memakan banyak waktu daripada memeriksa kondisi seluruh furnitur, mengganti pipa ledeng, atau memperbaiki atap yang bocor.

Baca juga: Manfaatkan Teh untuk Membersihkan 5 Hal Ini

Meski begitu, kadang kala ada beberapa area atau permukaan yang lupa dibersihkan atau tidak membersihkannya secara hati-hati.

Dilansir dari Mind Body Green, Rabu (15/6/2022), seorang ahli racun lingkungan, Tonya Harris, mengungkapkan, ada tiga hal di dalam rumah yang wajib dibersihkan agar lingkungan hunian tetap sehat. Apa saja? 

Baca juga: Cara Membersihkan Jamur dari Kabinet Dapur 

Filter tungku AC central

Ilustrasi AC central.SHUTTERSTOCK / Christian Delbert Ilustrasi AC central.

Jika memiliki AC central, ganti filter tungkunya setiap beberapa bulan selama musim panas. Sebab, AC sering kali mengalir melalui saluran yang sama dengan panas.

Dengan mengganti filter secara rutin, dapat membantu AC menangkap alergen dan polutan, mengurangi risiko jamur, serta membuat AC bekerja lebih efektif.

Baca juga: Panduan Aman Membersihkan Alat Pemanggang Daging

Shower dan bathtub

Lingkungan yang hangat dan basah seperti shower dan bathtub merupakan hal yang disukai jamur. Kedua area ini rentan terhadap jamur selama musim panas.

Alih-alih menggunakan pemutih untuk mengatasi pertumbuhan jamur, sebaiknya memakaicuka putih yang disemprotkan. Pemutih dapat mencerahkan area dan membunuh jamur pada permukaan, tetapi tidak sampai ke akar.

Jika memiliki sepetak kecil jamur pada permukaan keras yang tidak keropos seperti ubin atau dinding shower, semprot cuka putih secara merata ke area tersebut, diamkan hingga satu jam, lalu bilas area dengan kain lap lembap.

Cara lain membersihkan jamur adalah menggunakan semprotan khusus penghilang jamur atau jasa profesional.

Baca juga: 6 Trik Mudah Membersihkan Sofa agar Tidak Merusaknya dan Tampak Baru

Kelembapan dalam ruangan

Ilustrasi shower, Ilustrasi kepala showerShutterstock/ben bryant Ilustrasi shower, Ilustrasi kepala shower
Udara dalam ruangan bisa menjadi stagnan pada musim panas sehingga bau dapat bertahan cukup lama di dalam ruangan kecil seperti lemari.

Tempat penyimpanan sepatu dan peralatan olahraga pun bisa menjadi bau selama musim panas karena tingkat kelembapan cenderung lebih tinggi.

Baca juga: Cara Membersihkan Freezer yang Berbau Tak Sedap

Kelembapan menyebabkan pertumbuhan bakteri yang dapat mengeluarkan bau. Untuk menghilangkan bau, atasi kelembapan daripada menutupinya dengan pewangi ruangan.

Baking soda dapat membantu menyerap kelembapan dan menangkap bau. Untuk menghilangkan bau, bukalah sekotak baking soda di area berbau, lalu tambahkan beberapa tetes minyak esensial sebagai aroma tambahan.

Goyangkan kotak baking soda seminggu sekali untuk menyegarkan kembali aroma dan mengaktifkan kualitas penyerapan baunya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com