Kompas.com - 22/05/2022, 18:10 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com- Mukenah yang bersih dan wangi tentunya akan membuat ibadah mu semakin khusyu. Sayangnya seringkali mukenah dibiarkan dalam keadaan lembab dan kotor setelah digunakan.

Mukenah yang lembab ini membuatnya berbau apek bahkan muncul bintik-bintik hitam akibat jamur.

Noda jamur pada mukenah cukup mengganggu, tak hanya penampilannya namun juga aromanya menjadi apek. Untuk itu sebaiknya cuci mukenah secara menyeluruh agar mukenah kembali bersih dan wangi.

Melansir dari kanal Youtube EK TV Chanel, Minggu (22/5/22), noda jamur seringkali sulit untuk dibersihkan. Ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk membersihkan noda jamur secara menyeluruh.

Baca juga: 5 Bahan yang Ampuh Membersihkan Noda Jamur pada Bantal

Alat dan bahan

  • Deterjen cair
  • Citrun
  • Cairan pembersih noda membandel
  • Pemutih
  • Air bersih
  • Ember

Baca juga: Cara Menghilangkan Noda Jamur dari Selimut

Langkah-langkah mencuci mukenah

Ilustrasi mencuci pakaian, ilustrasi mencuci baju.SHUTTERSTOCK / birdbyb stockphoto Ilustrasi mencuci pakaian, ilustrasi mencuci baju.

Sebelum memulai langkah-langkah pembersihan mukenah, periksa bagian mukenah yang kotor seperti pada bagian kepala dan bawah mukenah. Fokuskan pembersihan pada area yang paling kotor.

Mencuci mukenah dengan aksen warna

1. Semprotkan cairan pembersih noda untuk mukenah berwarna

JIka kain mukenah mu berwarna, gunakan cairan pembersih noda yang aman digunakan pada kain berwarna. Hindari menggunakan pemutih karena warna mukenah mungkin saja luntur. Semprotkan cairan pada noda yang membandel hingga rata dan diamkan selama 10 menit.

Baca juga: Tips Menghilangkan Noda Jamur pada Pakaian

2. Rendam mukenah berwarna ke dalam larutan sabun dan sitrun

Siapkan larutan sabun dan sitrun untuk merendam mukenah. Campurkan deterjen cair secukupnya dan setengah bungkus citrus ke dalam air bersih untuk merendam mukenah. Rendam mukenah berwarna kedalam larutan deterjen, kucek pakaian jika masih ada noda yang tersisa.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.