Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Langkah Mudah Membersihkan 3 Macam Bau Tak Sedap di Karpet

Kompas.com - 19/05/2022, 10:36 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Karpet merupakan salah satu dekorasi yang membuat ruangan tampak lebih indah dan hangat. Namun apa jadinya jika karpet mengeluarkan aroma tak sedap seperti bau apek, jamur dan aroma asap? Tentunya ini membuat ruangan menjadi kurang nyaman.

Selain memanggil jasa pembersih karpet, kamu juga bisa membersihkan karpet sendiri dengan bahan-bahan yang bisa kamu temukan di rumah. Pastikan karpet selalu dalam keadaan kering agar tidak ditumbuhi jamur penyebab bau apek.

Melansir dari Home Made Simple, Kamis (19/5/2022), berikut ini merupakan langkah-langkah membersihkan 3 macam aroma tak sedap yang menempel di permukaan karpet.

Baca juga: 7 Rekomendasi Jenis Serat Karpet untuk Mempercantik Rumah

Menghilangkan bau asap di karpet

Bau asap rokok seringkali menempel di perabot sehingga membuat ruangan berbau tak segar. Salah satu peralatan yang menyerap asap rokok adalah karpet. Namun kamu tidak perlu khawatir dan langsung membeli karpet yang baru, ada solusi sederhana untuk membuat karpet berbau lebih segar.

  • Taburkan bubuk baking soda menggunakan saringan di permukaan karpet. Baking soda sangat ampuh untuk menyerap aroma asap pada permukaan karpet.
  • Berjalanlah di atas karpet yang sudah ditaburi baking soda dan coba ratakan dengan menggunakan kakimu.
  • Biarkan baking soda selama lebih kurang 30 menit hingga baking soda menyerap bau asap yang ada.
  • Setelah didiamkan selama beberapa menit, gunakan vacuum cleaner untuk mengangkat seluruh bubuk baking soda yang tersisa.

Baca juga: Manfaat Karpet Menurut Feng Shui dan Panduan Meletakkannya di Ruangan

Menghilangkan bau lembab di karpet

Ilustrasi karpet, ilustrasi ruangan.UNSPLASH / Sven Brandsma Ilustrasi karpet, ilustrasi ruangan.

Jika lantai rumah cukup lembab, jamur mungkin mulai tumbuh di permukaan karpetmu. Jamur dan kelembaban dapat menyebabkan karpet berbau apek bahkan menimbulkan reaksi alergi. Berikut ini cara menghilangkan bau lembab di permukaan karpet :

  • Jika karpet basah, keringkan dengan air humidifier dan kipas yang diarahkan langsung ke karpet.
  • Setelah kering, campurkan 2 cangkir air hangat dengan 1 cangkir cuka putih kemudian semprotkan ke permukaan karpet.
  • Kandungan asam pada cuka dapat menghilangkan senyawa penyebab bau, pastikan ruangan memiliki sirkulasi udara yang cukup baik agar karpet tidak kembali lembab.

Baca juga: Cara Menghilangkan Noda Makanan dan Minuman pada Karpet

Menghilangkan bakteri dan bau jamur

Untuk bau membandel seperti bakteri dan jamur, kamu bisa menggunakan vodka. Alkohol pada vodka dapat memecah senyawa penyebab bau.

  • Tuangkan sedikit vodka (jernih tanpa rasa) kedalam botol spray dan semprotkan ke permukaan karpet dengan bau membandel.
  • Biarkan alkohol selama 15 menit. Setelah didiamkan, tekan-tekan permukaan karpet dengan lap kering.
  • Gunakan taburan baking soda jika masih ada aroma yang tersisa. Diamkan baking soda selama 30 menit lalu sedot dengan vacuum cleaner.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com