Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Langkah Mudah Membersihkan 3 Macam Bau Tak Sedap di Karpet

JAKARTA, KOMPAS.com- Karpet merupakan salah satu dekorasi yang membuat ruangan tampak lebih indah dan hangat. Namun apa jadinya jika karpet mengeluarkan aroma tak sedap seperti bau apek, jamur dan aroma asap? Tentunya ini membuat ruangan menjadi kurang nyaman.

Selain memanggil jasa pembersih karpet, kamu juga bisa membersihkan karpet sendiri dengan bahan-bahan yang bisa kamu temukan di rumah. Pastikan karpet selalu dalam keadaan kering agar tidak ditumbuhi jamur penyebab bau apek.

Melansir dari Home Made Simple, Kamis (19/5/2022), berikut ini merupakan langkah-langkah membersihkan 3 macam aroma tak sedap yang menempel di permukaan karpet.

Menghilangkan bau asap di karpet

Bau asap rokok seringkali menempel di perabot sehingga membuat ruangan berbau tak segar. Salah satu peralatan yang menyerap asap rokok adalah karpet. Namun kamu tidak perlu khawatir dan langsung membeli karpet yang baru, ada solusi sederhana untuk membuat karpet berbau lebih segar.

Jika lantai rumah cukup lembab, jamur mungkin mulai tumbuh di permukaan karpetmu. Jamur dan kelembaban dapat menyebabkan karpet berbau apek bahkan menimbulkan reaksi alergi. Berikut ini cara menghilangkan bau lembab di permukaan karpet :

Menghilangkan bakteri dan bau jamur

Untuk bau membandel seperti bakteri dan jamur, kamu bisa menggunakan vodka. Alkohol pada vodka dapat memecah senyawa penyebab bau.

  • Tuangkan sedikit vodka (jernih tanpa rasa) kedalam botol spray dan semprotkan ke permukaan karpet dengan bau membandel.
  • Biarkan alkohol selama 15 menit. Setelah didiamkan, tekan-tekan permukaan karpet dengan lap kering.
  • Gunakan taburan baking soda jika masih ada aroma yang tersisa. Diamkan baking soda selama 30 menit lalu sedot dengan vacuum cleaner.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/05/19/103600476/langkah-mudah-membersihkan-3-macam-bau-tak-sedap-di-karpet

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke