Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Plus dan Minus Bak Cuci Piring Stainless Steel, Apa Saja?

Kompas.com - 02/06/2022, 07:32 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bak cuci piring stainless steel lazim ditemui di rumah-rumah. Bahan stainless steel yang digunakan pada bak cuci piring terjangkau dan perawatannya rendah.

Dilansir Home Guides SF Gate, Kamis (2/6/2022), bak cuci piring stainless steel hadir dalam berbagai pilihan dalam hal bentuk, konfigurasi, dan gaya, dan cocok dengan sebagian besar peralatan modern, tetapi memiliki beberapa kekurangan.

Bak cuci piring biasanya akan disesuaikan dengan dapur dengan dekorasi modern, tetapi lihat plus dan minusnya sebelum Anda membeli.

Baca juga: Perhatikan 3 Hal Ini Sebelum Beli Bak Cuci Piring Stainless Steel

Ilustrasi wastafel dapur stainless steel.Shutterstock/Pop Paul-Catalin Ilustrasi wastafel dapur stainless steel.

Berikut beberapa plus dan minus bak cuci piring stainless steel yang perlu diketahui.

1. Daya tahan

Secara keseluruhan, bak cuci piring stainless steel adalah salah satu bahan paling tahan lama yang tersedia untuk pemilik rumah. Bak cuci piring stainless steel tidak terkelupas, retak, atau terkelupas seperti bak cuci piring enamel atau porselen, dan tahan terhadap noda.

Meskipun stainless steel tahan terhadap korosi, kontak yang terlalu lama dengan pemutih klorin, asam muriatik, pelarut, dan pembersih kasar atau abrasif lainnya dapat merusak lapisan stainless steel dan membuatnya rentan terhadap karat.

Ketebalan baja juga berperan dalam ketahanan wastafel terhadap goresan dan penyok. Semakin tebal baja, semakin tahan lama bak cuci piring tersebut.

Baca juga: Cara Membersihkan Bak Cuci Piring Stainless Steel, Lakukan Tiap Minggu

2. Pilihan

Bak cuci piring stainless steel tersedia dalam desain undermount dan drop-in, dan Anda dapat menemukan berbagai bentuk dan konfigurasi mangkuk, serta gaya wastafel ganda, tunggal, atau sudut. Anda juga akan menemukan berbagai ketebalan, yang disebut sebagai pengukur.

Semakin rendah nomor pengukur, semakin tebal baja, dan meskipun jumlahnya tidak jauh berbeda, bak cuci piring 18-gauge hampir dua kali lebih tebal dari bak cuci piring 23-gauge.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com