Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bikin Sumpek, Hindari 5 Kesalahan Dekorasi di Kamar Tidur Kecil

Kompas.com - 08/05/2022, 15:04 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Memiliki kamar tidur yang sempit membuatmu harus cermat dalam mengatur tata letak furnitur. Sebab, kesalahan dalam menata letak furnitur bisa membuat kamar menjadi lebih sumpek.

Kamar tidur yang sumpek tentu akan membuatmu tak betah berlama-lama berada di dalam. Apalagi bila sirkulasi udara tak ada atau tertutup lemari, tentu membuat kamar akan semakin pengap.

Melansir dari channel YouTube Eko M7 Barokah, Minggu (8/5/2022) berikut ini lima kesalahan tata letak furnitur yang harus kamu hindari agar kamar bisa terasa lega dan lapang serta sirkulasi udaranya baik.

Baca juga: 3 Ide Dekorasi Kreatif untuk Memberikan Tampilan Baru pada Rumah

Kesalahan memasang jendela

Letak jendela di dalam kamar memang harus diperhatikan. Hal ini demi membuat kamar terasa segar karena udara dari luar bisa masuk dengan leluasa.

Selain itu, juga demi pencahayaan alami saat siang hari. Jadi, ruangan tak akan gelap saat siang sehingga kamu bisa belajar atau bekerja tanpa harus menyalakan lampu.

Sebaiknya tata letak jendela berada di tembok area luar yang berhadapan dengan taman. Bukan didekat pintu masuk atau dipasang jendela yang luarnya masih area ruangan di rumah. Kalau begitu berarti udara segar tak akan bisa masuk ke dalam kamar.

Baca juga: 6 Ide Penggunaan Kursi Ottoman untuk Mempercantik Dekorasi Rumah

Posisi engsel pintu yang salah

Engsel pintu di kamar juga perlu mendapat perhatian khusus. Sebaiknya kamu memasang engsel pintu yang posisi bisa membuatmu masuk dengan leluasa meski hanya dibuka selebar 90 derajat.

Hal ini agar kamu tak kerepotan saat masuk ketika membawa barang-barang berat. Selain itu, pintu yang dibuka 90 derajat sudah mentok ke tembok juga bisa menambah space pada ruangan bila dibanding pintu yang dibuka 180 derajat baru mentok tembok.

Baca juga: 6 Elemen Dekorasi untuk Menghadirkan Suasana Nyaman di Rumah

Salah meletakkan ranjang di kamar

Ilustrasi kamar tidur sempit, kamar tidur kecil.UNSPLASH/ALBERT VINCENT WU Ilustrasi kamar tidur sempit, kamar tidur kecil.

Kesalahan selanjutnya adalah peletakan furnitur kasur di kamar. Di dalam kamar yang sempit dan juga digunakan untuk bekerja, sebaiknya kamu tak meletakkan ranjang diposisi tegak lurus dengan pintu.

Sebab, hal tersebut bisa membuatmu langsung mengantuk ketika masuk ke dalam kamar. Padahal masih ada tugas sekolah atau kantor yang perlu kamu selesaikan.

Sebaiknya, kamu meletakkan ranjang di sisi diagonal dari pintu. Hal ini bisa membuatmu mendapatkan privasi ketika tidur. Namun, masih bisa mengawasi area luar ruangan.

Baca juga: Tips Dekorasi Meja Makan Sambut Lebaran

Kesalahan meletakkan meja

Kamu mungkin bingung ketika ingin meletakkan meja di kamar tidur yang sempit. Namun, kamu bisa meletakkan meja tegak lurus dari pintu atau berada di samping jendela.

Ini agar meja mendapatkan pencahayaan. Jadi, ketika kamu belajar atau bekerja di siang hari tidak perlu menyalakan lampu sehingga bisa menghemat listrik. Pastikan juga bila kamu memiliki akses keluar masuk yang mudah ketika ingin menggunakan meja.

Baca juga: 7 Ide Dekorasi Meja Makan untuk Lebaran, Beri Nuansa Hangat

Tata letak pintu di tengah ruangan menjadi kurang efisien

Memiliki kamar yang sempit memang harus benar-benar memikirkan tata letak dengan baik demi mendapat space yang banyak. Seperti peletakkan pintu yang sebaiknya ditaruh di sisi kiri atau kanan daripada di tengah.

Bukannya tak boleh, ini hanya demi membuat kamar memiliki ruang yang cukup untuk meletakkan furnitur lain. Kalau pintu berada di tengah ruangan tentu sisi kiri dan kanannya hanya tinggal satu meter bila kamar ukurannya 3x3 m.

Lebar satu meter tentu tak akan cukup untuk menaruh lemari atau meja rias. Sehingga kamu menaruhnya di sisi lain yang seharusnya cocok untuk meletakan kasur.

Memiliki kamar tidur yang kecil bukan suatu masalah bila kamu bisa mengatur tata letak furnitur dengan baik. Bahkan bila mengerti teknik ilusi ruangan, kamar tidur yang sempit malah bisa menjadi tampak luas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com