Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Tips Menghemat Pengeluaran Saat Berbelanja Barang Bekas

Kompas.com - 08/05/2022, 08:39 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi sebagian orang, daya tarik belanja barang bekas terletak pada serunya berburu dan kegembiraan menemukan barang-barang yang benar-benar unik.

Alasan lain beberapa orang memilih berbelanja barang bekas adalah mengurangi dampak lingkungan, memperpanjang kembali umur barang-barang tersebut, serta menghemat pengeluaran. 

Baca juga: 5 Barang Rumah Tangga yang Harus Dimiliki Pengidap Alergi

Seperti diketahui, toko barang bekas menyediakan perabot atau furnitur rumah tangga dengan harga terjangkau. 

Namun, apa pun alasan Anda berhemat, trik mendapatkan barang bekas terbaik dengan harga murah adalah mengetahui apa yang harus dicari dan cara menemukannya. 

Tanpa tujuan jelas, Anda akan mudah mengalami kewalahan saat mencari barang bekas. Namun, dengan strategi belanja yang tepat, mudah untuk menemukan barang bekas berkualitas dengan harga murah. 

Meski murah, tetaplah berhati-hati memilih dan berhemat saat berbelanja barang bebas. Semurah-murahnya barang bekas, tetap bisa menjadi mahal bila Anda tidak mengontrol keinginan. 

Nah, dilansir dari Better Homes and Gardens, Minggu (8/5/2022), berikut tips menghemat pengeluaran saat berbelanja barang bekas.  

Baca juga: 3 Keuntungan Perlu Berinvestasi pada Furnitur Luar Ruangan 

Berbelanja di toko barang bekas lokal 

Ilustrasi furnitur kayuUnsplash/Nathan Oakley Ilustrasi furnitur kayu
Cara terbaik mendapatkan kenyamanan berbelanja di toko barang bekas adalah berbelanja dari toko barang bekas lokal.

Jika Anda seorang pemula, Kat Steck, thrifter atau pakar barang bekas yang berbasis di Los Angeles, Amerika Serikat, menyarankan mampir ke toko barang bekas terdekat hanya untuk melihat-lihat terlebih dulu.

Biasakan diri Anda dengan jenis barang yang mereka jual dan cara mengaturnya. "Melihat tata letaknya dapat memberi Anda gambaran tentang jenis sumbangan apa yang sering mereka dapatkan dan memberi kemampuan memeriksa item Anda untuk mengetahui ke mana harus pergi," katanya. 

Baca juga: 5 Barang Rumah Tangga Bekas yang Bisa Digunakan Kembali

Tahu apa yang Anda cari 

Memilah-milah tumpukan barang di toko barang bekas menjadi lebih mudah jika Anda tahu apa yang dicari.

Tentu saja, selalu menyenangkan ketika menemukan sesuatu yang istimewa yang tidak Anda harapkan. Namun, pastikan memiliki gambaran jelas tentang apa yang diinginkan agar tidak kewalahan saat berbelanja.

"Saya menyimpan daftar mental hal-hal yang saya perhatikan, kemudian saya sering menjelajah dan menunggu hal yang tepat muncul," ucap Bronwyn Tarboton pakar barang bekas yang menjalankan NYC Trash to Treasures. 

Steck menyarankan menggunakan aplikasi Notes di ponsel Anda untuk membuat daftar item tertentu yang dibutuhkan. 

Baca juga: Mau Beli Furnitur Bekas? Ini 7 Hal yang Harus Diperhatikan

Ambil pendekatan taktil untuk belanja barang bekas 

Ilustrasi ruang makan bergaya Skandinavia, Ilustrasi furnitur di ruang makan atau dapur. Shutterstock/PinkyWinky Ilustrasi ruang makan bergaya Skandinavia, Ilustrasi furnitur di ruang makan atau dapur.
Untuk membantu membedakan barang bekas berkualitas dari barang yang dibuat lebih murah, Steck menyarankan menggunakan indra peraba.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com