Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Furnitur Terpenting Menurut Feng Shui dan Cara Menatanya

Kompas.com - 27/04/2022, 22:40 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Feng shui sering disebut sebagai seni meletakkan barang-barang. Barang-barang ini tidak hanya berlaku untuk barang baru yang dibawa ke rumah, tetapi juga bagaimana Anda mengatur furnitur yang sudah dimiliki.

Lantaran tinggal di rumah yang berbeda dengan tata letak berbeda, ada cara memaksimalkan penempatan furnitur, bahkan saat barang tidak berada di posisi feng shui yang paling ideal. 

Dilansir dari The Spruce, Rabu (27/4/2022), berikut beberapa furnitur terpenting menurut feng shui dan cara menatanya di rumah. 

Baca juga: 5 Tips Aman Membeli Furnitur Restorasi Secara Online 

Tempat tidur

Ilustrasi kamar tidur modern chic. Shutterstock/2M media Ilustrasi kamar tidur modern chic.
Tempat tidur adalah furnitur terpenting dalam feng shui karena mewakili kesejahteraan secara keseluruhan. 

Seperti diketahui, Anda menghabiskan banyak waktu di tempat tidur. Karena itu, posisi tempat tidur berdampak besar pada energi.

Lokasi terbaik meletakkan tempat tidur disebut posisi memerintah. Ini berarti Anda dapat melihat pintu kamar tidur ketika berbaring di tempat tidur. 

Baca juga: 8 Tips Menciptakan Kamar Tidur yang Nyaman Menurut Feng Shui

Berada di posisi memerintah membantu Anda merasa lebih tenang dan lebih nyaman karena pada tingkat bawah sadar dapat menyadari apa pun yang mungkin datang ke arah Anda.

Jika posisi ini tidak memungkinkan di kamar tidur, Anda dapat menggunakan cermin untuk menempatkan diri Anda dalam perintah sehingga dapat melihat pantulan pintu dari tempat tidur.

Pastikan juga Anda tidak sejajar dengan pintu kamar tidur. Jika perlu sejajar dengan pintu, Anda bisa menggantung bola kristal feng shui di antara pintu dan tepi tempat tidur untuk menyebarkan Qi yang masuk dan memungkinkan Anda untuk tidur lebih nyenyak.  

Baca juga: 8 Tips Feng Shui Kamar Tidur untuk Meningkatkan Hubungan Cinta

Sofa

Ilustrasi sofaShutterstock/Antoha713 Ilustrasi sofa
Sofa biasanya diletakkan di ruang tamu atau ruang keluarga. Dalam feng shui, area rumah ini mewakili keharmonisan keluarga karena merupakan ruangan tempat keluarga berkumpul.

Untuk itu, pastikan menempatkan sofa sedemikian rupa sehingga memungkinkan setiap anggota keluarga duduk dengan nyaman.

Sofa sectional dan berbentuk L membuat zona pertemuan keluarga yang nyaman serta tambahakan tempat duduk tambahan seperti satu atau dua kursi untuk menciptakan percakapan dan interaksi.

Di banyak rumah, sofa ruang tamu menghadap ke televisi (TV). Jika hal ini terjadi di rumah Anda, sebaiknya juga membuat area pertemuan keluarga alternatif sehingga dapat fokus satu sama lain, bukan layar TV. 

Baca juga: 4 Tips Memilih Sofa yang Tepat untuk Ruangan di Rumah 

Meja

Meja adalah salah satu furnitur sangat penting dalam feng shui. Ini mewakili kehidupan kerja dan kesuksesan karier, jadi berikan perhatian serta memastikannya ditempatkan secara optimal.

Seperti tempat tidur, posisi terbaik menempatkan meja adalah dalam posisi memerintah. Ini berarti Anda dapat melihat pintu masuk ruangan tanpa harus sejajar dengan pintu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com