Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Jumlah Kamar Mandi yang Harus Dimiliki Sebuah Rumah?

Kompas.com - 18/04/2022, 16:24 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Saat hendak membangun atau membeli rumah, salah satu hal penting yang tidak luput dari pertimbangan adalah jumlah kamar mandi di dalamnya. 

Tentunya, memiliki kamar mandi dengan jumlah yang sesuai dapat memudahkan para anggota keluarga melakukan kegiatan sehari-hari.

Baca juga: 7 Cara Memperbarui Tampilan Kamar Mandi Tanpa Merombaknya

Sebagian besar rumah, khususnya di Indonesia, biasanya memiliki satu kamar mandi, terlepas dari jumlah anggota keluarga yang ada. Akan tetapi, apakah satu kamar mandi saja sudah cukup?

Untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan seputar jumlah kamar mandi yang harus dimiliki sebuah rumah dilansir Kitchen Bed & Bath, Senin (18/4/2022).

Jumlah kamar mandi dalam satu rumah

Ilustrasi kamar mandi, Ilustrasi lantai kayu di kamar mandi. Shutterstock/Berg Dmitry Ilustrasi kamar mandi, Ilustrasi lantai kayu di kamar mandi.

Rata-rata rumah memiliki dua hingga tiga kamar mandi, tetapi jumlah dua kamar mandi umumnya terlihat pada rumah yang memiliki tiga kamar tidur

Terkait dengan jumlah kamar mandi dalam satu rumah, ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan seperti situasi kehidupan, keluarga, rencana, dan berapa lama kamu berencana tinggal di rumah tersebut.

Baca juga: Plus Minus Wastafel Undermount dan Flushmount untuk Kamar Mandi

Pertimbangan terkait jumlah kamar mandi

Selain yang telah disebutkan, ada beragam faktor lainnya yang perlu dipertimbangkan sebelum mulai membangun kamar mandi.

Pertama, rumah sering menerima tamu atau tidak. Jika iya, mungkin kamu membutuhkan lebih banyak kamar mandi guna mengakomodasi kebutuhan mereka.

Baca juga: Memasang Kloset Duduk, Sebaiknya Sendiri atau Pakai Jasa Profesional?

Ilustrasi kamar mandi minimalis modern. SHUTTERSTOCK/PHOTOMAVENSTOCK Ilustrasi kamar mandi minimalis modern.

Selanjutnya, jumlah anggota keluarga dan apakah berencana memiliki lebih banyak anak. Sebab, anak-anak akan tumbuh dan membutuhkan lebih banyak ruang, termasuk kamar mandi. 

Lalu, apakah kamu memiliki anggota keluarga lanjut usia (lansia) yang sering berkunjung dan terkadang menginap untuk waktu yang lama?

Jika iya, kamu perlu mempertimbangkan kebutuhan mereka dalam hal kemudahan akses menuju kamar mandi.

Baca juga: 4 Mitos Penggunaan Shower yang Terbukti Salah

Apabila tinggal bersama satu atau lebih lansia, mungkin kamu perlu mempertimbangkan membangun kamar mandi ekstra yang lokasinya dekat dengan kamar tidur mereka.

Sejumlah hal di atas hanyalah sebagai pertimbangan ketika berbicara tentang jumlah kamar mandi yang ideal untuk sebuah rumah.

Jadi, jumlah kamar mandi yang perlu dimiliki sebuah rumah sepenuhnya bergantung pada keadaan seseorang dan bagaimana keadaan tersebut akan berubah pada masa depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com