Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Merenovasi Kamar Mandi? Ketahui Batas Anggaran dan Stop Berhemat

Kompas.com - 12/04/2022, 17:24 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagai tempat memulai dan mengakhiri hari, kamar mandi adalah bagian fungsional serta penting dari setiap rumah.

Untuk itu, mendesain kamar mandi semenarik mungkin akan memberikan kenyamanan saat menggunakannya. Salah satu cara membuat kamar mandi menarik adalah merenovasinya. 

Baca juga: 7 Mitos Merenovasi Rumah yang Tidak Perlu Dipercaya

Dilansir dari House Beautiful, Selasa (12/4/2022), menurut Andrew Griffiths, desainer interior dan pendiri studio desain interior A New Day, sama dengan renovasi lainya, merenovasi kamar mandi memerlukan perencanaan dan ada beberapa hal yang tidak boleh Anda hemat. 

"Sebagai aturan umum, jangan berhemat pada barang-barang yang bersentuhan dengan air. Pilih perlengkapan berkualitas baik yang akan bertahan lama," kata Andrew.

Namun, hal itu bukan berarti tidak ada tawar-menawar di luar sana, tetapi lakukan riset agar mendapatkan pilihan yang paling aman dan baik. 

Baca juga: 4 Hal Penting yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Merenovasi Rumah 

Ketahui batasan kemampuan saat merenovasi kamar mandi

Ilustrasi kamar mandi kecilUnsplash/Sidekix Media Ilustrasi kamar mandi kecil
Sama dengan proyek renovasi bagian rumah lannya, merenovasi kamar mandi juga harus memiliki anggaran yang jelas. Sebab, ada banyak elemen yang harus direnovasi di kamar mandi.

Jadi, mengetahui batasan dapat membantu menentukan apa yang harus diprioritaskan dan di mana Anda harus berkompromi. 

Misalnya, kata Andrew, jika memiliki anggaran terbatas, lantai vinyl bisa menjadi pilihan yang bagus. Anda bisa mendapatkan tampilan yang sangat bergaya dengan harga lebih murah. 

Baca juga: 5 Cara Alami Mengatasi Saluran Pembuangan Kamar Mandi yang Tersumbat

Hal penting lainnya adalah memilih perlengkapan lampu kamar mandi dengan hati-hati. Pencahayaan kamar mandi sering diabaikan, tetapi Anda harus menerapkan skema pencahayaan berlapis. 

"Jangan menggunakan pencahayaan ke plafon yang penuh dengan downlight sebagai satu-satunya sumber pencahayaan Anda," Andrew memperingatkan.

Sebaliknya, pikirkan tentang lapisan cahaya untuk menciptakan suasana hati berbeda seperti yang Anda lakukan dengan ruangan lain. 

Baca juga: Ketahui, Ini 3 Area Persembunyian Kecoak di Kamar Mandi

Pastikan memilih pencahayaan terang dengan tepat serta sesuai dengan posisi pencahayaan. Jika merasa perlu bantuan dalam memaksimalkan kamar mandi, sebaiknya berkonsultasi dengan spesialis kamar mandi atau desainer interior.

Bisa pula mecoba visualisasi online untuk membantu mendesain kamar mandi sesuai dengan gaya hidup Anda. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com