Kompas.com - 18/04/2022, 15:51 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak orang yang kesulitan memperoleh kualitas tidur pada malam hari. Padahal, kualitas tidur yang baik dapat mengembalikan energi yang telah terpakai setelah seharian beraktivitas. 

Ada banyak hal yang menyebabkan sulit tidur atau mendapat tidur berkualitas seperti gaya hidup, stres, dan kecemasan

Baca juga: Menurut Feng Shui, Ini Alasan Tidak Boleh Meletakkan Tanaman di Kamar Tidur

Namun, di luar hal itu, desain dan dekorasi kamar tidur juga dapat mempengaruhi kemampuan Anda untuk mendapatkan tidur yang berkualitas. 

Dilansir dari Homes and Gardens Australia, Senin (18/4/2022) menurut Christine Gough, Pemimpin Desain Interior di IKEA Australia, kualitas tidur dapat dengan mudah dipengaruhi bahan seprai, desain ruang, serta elemen di sekitar kamar tidur. 

Baca juga: Gampang, Ini 5 Cara Menciptakan Kamar Tidur Modern Chic

Seprai 

Ilustrasi seprai tempat tidur.SHUTTERSTOCK/PHOTOGRAPHEE.EU Ilustrasi seprai tempat tidur.
Saat memilih seprai, Christine menyarankan tekstil alami adalah cara terbaik untuk menginspirasi relaksasi dan kenyamanan di zona tidur Anda.

"Berinvestasilah pada seprai yang terbuat dari material katun yang tahan lama. Hal ini memungkinkan kulit untuk bernapas saat tidur sambil membuat Anda tetap hangat dan nyaman," ucapnya.

Sementara kapas adalah kain yang indah dan terbarukan, tetapi proses pembuatannya dapat berdampak negatif terhadap lingkungan. 

Baca juga: Kipas Angin Gantung di Kamar Tidur, Bagaimana Menurut Feng Shui?

Terlepas dari material yang dipilih, Christine menekankan pentingnya kebiasaan berbelanja yang terinformasi.

"Penting untuk selalu mempertimbangkan dari mana bahan berasal, produk yang Anda gunakan setiap hari, dari pakaian hingga perabot rumah," katanya.  

Baca juga: 8 Tips Mendekorasi Kamar Tidur Kecil agar Tampak Luas dan Nyaman

Dekorasi

Ilustrasi kamar tidur. Unsplash/Sidekix Media Ilustrasi kamar tidur.
Suasana hati seseorang dapat dipengaruhi oleh lingkungan tempatnya berada, termasuk kamar tidur.

Kamar tidur dengan tata letak dan fitur desain yang berantakan serta canggung dapat membuat Anda merasa tidak nyaman, tegang, juga tidak kondusif untuk tidur nyenyak.

Dekorasi kamar tidur semenarik mungkin untuk menjadi tempat paling nyaman untuk beristirahat setelah seharian beraktivitas. 

"Pilihan yang bagus adalah melapisi palet warna netral dengan tekstur berbeda untuk menciptakan tempat peristirahatan yang sempurna. Barang dekoratif seperti lilin dan lentera juga dapat membantu Anda," imbuh Christine. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.