Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Tips Menjaga Kebersihan Sikat Gigi yang Disimpan di Kamar Mandi

Kompas.com - 18/04/2022, 09:46 WIB
Nabilla Ramadhian,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber Colgate

JAKARTA, KOMPAS.com – Kualitas sikat gigi perlu dijaga dengan baik karena mereka membantu membersihkan kotoran di mulut.

Oleh karena itu, kamu perlu memerhatikan cara pembersihan dan penyimpanan sikat gigi supaya mulut tetap dalam keadaan yang sehat.

Baca juga: Cara Mudah Membersihkan Pemanggang Roti Pakai Sikat Gigi

Ketika menyimpan sikat gigi di kamar mandi, ada beberapa hal yang perlu dilakukan agar kebersihannya tetap terjaga, seperti dilansir situs resmi Colgate, Senin (18/4/2022). Apa saja?

1. Gunakan tempat khusus

Cara terbaik untuk menyimpan sikat gigi adalah dengan menggunakan tempat khusus sikat gigi. Jangan taruh mereka secara sembarangan, seperti di dalam plastik, di atas tisu, atau dibungkus kertas foil.

Ganti sikat gigi secara rutin sebagai bagian dari cara menghilangkan bau mulut.FREEPIK/NAKARIDORE Ganti sikat gigi secara rutin sebagai bagian dari cara menghilangkan bau mulut.

Sebab, tempat penyimpanan sikat gigi memiliki lubang yang didesain untuk mengeringkannya dengan benar sekaligus menjaga bulunya tidak rusak.

Baca juga: Cara Mudah Membersihkan Hand Mixer Pakai Sikat Gigi

2. Pastikan bulunya benar-benar kering

Beberapa orang mungkin mengira bahwa menutupi bulu sikat gigi secara rapat, atau menaruhnya di dalam laci atau lemari, dapat menjaganya dari bakteri.

Akan tetapi, jika bulu sikat tidak mendapatkan cukup udara, mereka dapat menjadi tempat bagi bakteri untuk berkembang biak.

Udara sangatlah penting bagi sikat gigi. Jadi, lemari atau laci bukanlah tempat yang tepat untuk menaruh sikat gigi.

3. Jauhkan dari kloset

Jauhkan tempat penyimpanan sikat gigi dari kloset dan wastafel. Untuk kloset, mereka dapat menyemprotkan bakteri yang tersemprot ke udara ketika kamu menyiram kloset tanpa ditutup.

Halaman:
Sumber Colgate
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com